Sukses

Top 3 News: Mendikbud Sebut Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Bisa Permanen

Top 3 News hari ini, Nadiem melihat akan ada banyak pemanfaatan teknologi dalam kapasitas besar setelah pandemi berakhir untuk membantu kegiatan belajar mengajar secara daring.

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini, pembelajaran jarak jauh diperkirakan bisa diterapkan permanen setelah pandemi Covid-19 berakhir. Bahkan menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, wacana tersebut amat dimungkinkan bisa dilaksanakan pada perguruan tinggi.

Nadiem melihat akan ada banyak pemanfaatan teknologi dalam kapasitas besar setelah pandemi berakhir untuk membantu kegiatan belajar mengajar secara daring.

Sementara, kegiatan belajar mengajar pada tingkat dasar dan menengah, menurut Mendikbud masih belum menunjukkan tren ke arah sana. Karena sebagian besar masyarakat lebih condong untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

Berita terpopulernya lainnya terkait Gunung Merapi di Kabupaten Magelang yang kini berstatus siaga atau level III. Kini segala bentuk kegiatan yang ada di kawasan rawan bencana telah dihentikan. 

Hal ini mengingat adanya potensi erupsi yang ditandai dengan guguran lava, lontaran material hingga awan panas. Guna mengantisipasi hal tersebut, Pemkab setempat bahkan telah melakukan pengungsian untuk sejumlah desa.

Sementara itu, kepulangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab ke Tanah Air, kini tengah dinanti banyak pihak. Selasa 10 November, Rizieq akan tiba di Bandara Soekarno Hatta.

Terkait kepulangannya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, mengatakan bahwa Rizieq Shihab kembali ke Indonesia lantaran visanya tak lagi diperpanjang lagi oleh pemerintah Arab Saudi. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat, 6 November 2020:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mendikbud Sebut Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Bisa Jadi Permanen

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memperkirakan bahwa pembelajaran secara dalam jaringan atau daring di perguruan tinggi akan permanen.

"Menurut saya di universitas, online learning itu akan menjadi suatu hal yang permanen," tegas Mendikbud dalam acara Indonesia Bicara yang disiarkan melalui kanal Youtube Media Indonesia pada Kamis (5/11/2020).

Sementara, untuk pendidikan dasar dan menengah, Nadiem tak melihat adanya tren seperti itu.

Walaupun di jenjang pendidikan itu masih mengutamakan pembelajaran luar jaringan atau luring, Nadiem melihat akan ada tren pemanfaatan teknologi dalam intensitas lebih besar setelah masa pandemi Covid-19 ini.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. 5 Kabar Terbaru Gunung Merapi yang Kini Berstatus Siaga

Gunung Merapi di Megelang, Jawa Tengah kini berstatus level III atau siaga. Kenaikan statusnya sejak Kamis, 5 November kemarin.

Pihak Balai Penyeledikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) juga telah mengimbau agar kegiatan pendakian, wisata dan penambangan yang masuk dalam kawasan rawan bencana (KRB) III, dihentikan.

Menyusul peningkatan status aktivitas vulkanik Gunung Merapi, proses evakuasi kini tengah disiapkan. Ada tiga desa yang rencananya akan dievakuasi.

Lantas, apa ancaman potensi yang dapat ditimbulkan saat status Gunung Merapi di level siaga?

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Dubes RI soal Kepulangan Rizieq Shihab: Visanya Tak Diperpanjang Pemerintah Arab

Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan kantor Imigrasi Kerajaan Arab Saudi mengenai visa pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Menurut dia, visa dari Rizieq Shihab sudah tak diperpanjang lagi oleh pemerintah Arab Saudi.

"Pada 4 November 2020, kami berkomunikasi dengan Kantor Imigrasi Kerajaan Arab Saudi, kami peroleh 5 lembar dokumen keimigrasian yang berisi visanya tidak diperpanjang oleh Pemerintah Arab Saudi," kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/11/2020).

Karena tidak diperpanjang, maka pemerintah Arab Saudi hanya memberikan izin tinggal kepada Rizieq Shihab sampai tanggal 11 November 2020.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.