Sukses

3 Jemaah Umrah Indonesia yang Positif Covid-19 Akan Kembali Tes Swab

Mereka diketahui positif Covid-19 setelah menjalani tes swab di hotel tempat mereka karantina sebelum melaksanakan ibadah umrah.

Liputan6.com, Jakarta Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP AMPHURI)  menyebut tiga jemaah umrah asal Indonesia terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka diketahui positif Covid-19 setelah menjalani tes swab di hotel tempat mereka karantina sebelum melaksanakan ibadah umrah.

"Namun sebelum melaksanakan ibadah umrah kami melakukan tes swab kembali dan dari hasil tes swab tersebut para jemaah bisa melaksanakan ibadah umrah jika hasil test swab-nya negatif," kata Sekretaris Jenderal DPP AMPHURI, Muhammad Farid Aljawi, dalam keterangan video yang dikutip pada Jumat (6/11/2020).

Ketiganya, kata Farid, akan kembali dites swab pada hari ini atau esok.

"Jemaah-jemaah yang positif mudah-mudahan hari ini atau besok dites swab kembali dan bisa melaksanakan umrah seperti bisa," ucap Farid.

Dirinya berharap supaya para jemaah dapat mematuhi ketentuan pemerintah Kerajaan Arab Saudi dalam melaksanakan ibadah umrah selama masa pandemi Covid-19.

"Kami berharap masyarakat Indonesia bisa memahami dengan jelas dan para jemaah yang sudah berangkat di sini bisa mematuhi ketentuan pemerintah terhadap Covid-19 dan mematuhi semua larangan-larangan sehingga umrah perdana ini berjalan dengan lancar," pesannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikarantina 7 Hari

Sebelumnya, Konjen RI di Jeddah Eko Hartono mengonfirmasi kabar tiga orang jemaah umrah asal Indonesia yang dinyatakan positif Corona COVID-19.

Melalui pesan singkat, Konjen Eko menyampaikan bahwa tiga WNI tersebut sedang menjalankan prosedur karantina selama tujuh hari di hotel yang berada di Makkah, Arab Saudi.

"Iya, mereka sekarang lagi karantina tujuh hari di kamar hotel di Makkah," ujar Konjen Eko, Kamis (5/11/2020).

"Mereka juga akan di tes swab kembali. Setelah negatif, baru diperbolehkan menjalankan ibadah umrah," tambahnya.

Konjen Eko juga menyampaikan bahwa belum diketahui dari mana tiga jemaah umrah asal Indonesia itu tertular. Corona COVID-19

"Kalau sumber penularan ya susah. Yang jelas mereka terdeteksi positif dan otoritas Saudi meminta mereka untuk isolasi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.