Sukses

Nadiem: Manfaatkan Pandemi Covid-19 untuk Belajar

Menurut Nadiem, seharusnya semua pihak melihat pandemi ini sebagai kesempatan untuk belajar.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meminta masyarakat untuk tidak meratapi dampak pandemi Covid-19 dari sisi negatif. Menurutnya melihat pandemi dari sudut pandang negatif tak akan membuatnya menjadi lebih baik.

"Jangan sia-siakan waktu ini untuk hanya melihat apa yang negatif karena kita tidak akan mungkin bisa menjadi lebih baik kalau kita hanya melihat sisi negatifnya," kata Nadiem dalam acara Indonesia Bicara yang disiarkan melalui kanal Youtube Media Indonesia pada Kamis (5/11/2020).

Menurut Nadiem Makarim, seharusnya semua pihak melihat pandemi ini sebagai kesempatan untuk belajar.

"Kalau kita melihat ini sebagai kesempatan pembelajaran, kita akan evolusi kita sebagai manusia, sebagai guru, sebagai dosen, sebagai pengawas, sebagai mahasiswa, sebagai siswa, sebagai orang tua itu kita akan mengakselerasi lebih cepat," tegasnya.

Nadiem juga berpesan supaya menggunakan waktu semasa pandemi ini untuk terus belajar. Baik belajar mengenai diri sendiri maupun belajar mengenai pendidikan.

"Dan harus dengan otak yang terbuka dan tidak emosi. Sulit sekali kita belajar kalau kita sedang dalam situasi emosional," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belajar Wirausaha

Mendikbud menuturkan, masyarakat juga bisa menggunakan waktu selama pandemi ini untuk belajar berwirausaha. Pola pikir seperti ini, menurut Nadiem akan bermuara pada perkembangan secara personal.

"Mindset itu yang namanya growth mindset pola pikir bahwa yang terpenting adalah kita terus berevolusi, terus belajar. Itu adalah hal yang terpenting yang bisa kita lakukan di massa krisis ini," tandas Mendikbud.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.