Sukses

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Kolom Abu Mencapai 1.500 Meter

Gunung Sinabung kembali erupsi pada Selasa, 3 November 2020 dinihari. Tinggi kolom abu yang teramati mencapai 1.500 meter dari atas puncak.

Liputan6.com, Jakarta Gunung Sinabung kembali erupsi pada Selasa, 3 November 2020 dinihari. Tinggi kolom abu yang teramati mencapai 1.500 meter dari atas puncak.

"Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 7 mm dan durasi 13 menit 3 detik," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Natanail Perangin-angin, Selasa (3/11/2020), seperti dikutip dari Antara.

Ia menyebutkan saat ini gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi dalam radius 3 km dari Puncak Gunung Sinabung.

Selanjutnya, radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 km untuk sektor timur-utara.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik agar tidak roboh," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspada Bahaya Lahar

Natanail menambahkan masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Sebelumnya, Gunung Sinabung kembali erupsi Senin, 2 November 2020 sekitar pukul 07.57 WIB meluncurkan awan panas dengan jarak 2.500 meter ke arah timur-tenggara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.