Sukses

Kejagung Periksa 2 Saksi di Kasus Korupsi Pelindo II

Menurut Hari, saksi yang diperiksa adalah Asisten Kepala Biro Pengadaan I PT Pelindo II Devi Saraswati dan Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelindo II Saptono Punanto.

Liputan6.com, Jakarta Kejaksaan Agung (Kejagung) mulai memeriksa sejumlah saksi kasus dugaan korupsi perpanjangan kerjasama pengoperasian dan pengelolaan pelabuhan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II (Persero), berupa kerjasama usaha dengan PT Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) pada PT Pelindo II.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Hari Setiyono menyampaikan, penyidikan yang dilakukan berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor: Print-54/F.2/Fd.1/09/2020.

"Hari ini telah melakukan pemeriksaan dua orang saksi," tutur Hari dalam keterangannya, Selasa (3/11/2020).

Menurut Hari, saksi yang diperiksa adalah Asisten Kepala Biro Pengadaan I PT Pelindo II Devi Saraswati dan Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelindo II Saptono Punanto.

"Pemeriksaan saksi itu sendiri dilakukan guna mencari, serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang tentang tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam pasal 1 angka 2 KUHAP," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Protokol Kesehatan

Hari menegaskan, pemeriksaan para saksi dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan Covid-19.

"Antara lain dilaksanakan dengan memperhatikan jarak aman antara saksi dengan penyidik yang sudah menggunakan alat pelindung diri lengkap, serta bagi para saksi wajib mengenakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pemeriksaan," Hari menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.