Transjakarta Modifikasi Rute Imbas Penutupan Jalan di Kawasan Sarinah

Oleh Ika Defianti pada 02 Nov 2020, 08:51 WIB
Diperbarui 02 Nov 2020, 10:05 WIB
Halte Transjakarta Bundaran HI Kini Kembali Beroperasi
Perbesar
Penumpang turun dari bus Transjakarta di Halte Bundaran HI, Jakarta, Senin (12/10/2020). Sejumlah halte yang rusak pascademo Undang-Undang Cipta Kerja pada Kamis (8/10) sudah dapat digunakan kembali, salah satunya yakni halte Bundaran HI. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - PT Transjakarta kembali melakukan modifikasi sejumlah rute akibat adanya penutupan jalan di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2020). Hal tersebut berdasarkan unggahan pada akun twitter resmi @PT_Transjakarta. Salah satu rute yang dialihkan yaitu koridor satu Blok M- Kota.

"INFO | Koridor 1 Blok M - Kota mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di kawasan Sarinah. Sementara tidak melewati halte Sarinah arah Kota," dikutip Liputan6.com dalam unggahan tersebut.

Lalu ada pula untuk rute 6A rute Ragunan- Monas via Kuningan, 6B Ragunan-Monas via Semanggi, dan 9D Pasar Minggu-Tanah Abang.

"Rute 6A, 6B dan 9 D mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di kawasan Sarinah. Sementara tidak melewati halte Sarinah arah Monas dan Tanah Abang," jelasnya.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membuat skenario pengalihan arus lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang terjadi pada saat demonstrasi buruh di Istana Negara, dan Kedubes Prancis.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, pengalihan arus lalu lintas tergantung situasi. Salah satu pertimbangan dibelakukan pengalihan arus adalah dengan jumlah peserta unjuk rasa.

"Rekayasa lalu lintas sifatnya situasional," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (2/11/2020).

Kendati demikian, Sambodo meminta pengendara menghindari ruas jalan menuju ke Istana Negara dan Kedubes Prancis. "Hindari kawasan Istana dan Jalan M.H Thamrin", ucap dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Berikut skema pengalihan lalu lintas yang dibuat oleh Ditlantas Polda Metro Jaya :

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran III diluruskan ke Traffic Light Harmoni.

2.Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Patung Kuda Arjuna Wiwaha dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓