Sukses

Risma: Kedaulatan Pangan Untuk Antisipasi Krisis Akibat Pademi Covid-19

DPP PDI Perjuangan menyatakan komitmen mengajak Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia benar-benar serius melaksanakan langkah memperkuat kedaulatan pangan.

Liputan6.com, Jakarta DPP PDI Perjuangan menyatakan komitmen mengajak Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia benar-benar serius melaksanakan langkah memperkuat kedaulatan pangan.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kebudayaan, Tri Rismaharini alias Risma mengatakan, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri telah memerintahkan untuk menanam pohon demi mewujudkan kedaulatan pangan.

"Bagaimana gerakan menanam ini merupakan budaya dari kita sebagai bagian dari PDI Perjuangan untuk terus menerus menanam untuk kedaulatan pangan," kata Risma, saat berbicara dalam pembukaan Rapat Koordinasi Bidang Nasional Kebudayaan dengan tema 'Gerakan Menanam Pohon Kepala Daerah PDI Perjuangan se-Indonesia', Sabtu (31/10/2020).

Wali Kota Surabaya ini menegaskan, kedaulatan pangan ini bisa dijadikan untuk menghadapi pandemi Covid-19 ini yang banyak disebut akan memicu krisis pangan. Karenanya gerakan menanam diarahkan kepada pendamping beras.

"Gerakan menanam ini diarahkan untuk pendamping beras. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam. Saya sampaikan tadi di Surabaya kami sudah menanam pendamping beras, jadi bukan pengganti beras. Karena itu, digunakan untuk ketika kita kekurangan bahan makanan terutama beras. Pendamping ini bisa digunakan untuk kita bisa tetap tanpa ada kelaparan atau kekurangan bahan di daerah masing-masing," ungkap Risma.

Dia pun mencontohkan di Surabaya memiliki cadangan pangan mencapai 103 ton per tahun. Dari lahan yang dimiliki, ditanami bibit tanaman yang bagus dan kemudian dirawat dengan benar. Pengalaman wilayahnya membuktikan bahwa demi cadangan pangan, lahan tidak perlu luas.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Dijalankan?

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menuturkan, apa yang dilakukan partainya untuk meneguhkan watak partainya bagi masyarakat.

"Hari ini kita kembali meneguhkan watak kerakyatan, watak kemanusiaan, gotong royong dari seluruh kader-kader partai untuk menjalankan arahan Ibu Ketua Umum bagaimana berpolitik bagi PDI Perjuangan itu hadir dalam wajah kerakyatan, membantu rakyat dengan cara bergotong royong," ungkap Hasto.

Dia mengapresiasi, banyak kepala daerah dari PDIP sudah menjalankan dengan baik arahan Megawati . "Dan tadi sudah disampaikan berbagai laporan dari kepala daerah kita. Alhamdulillah, arahan dari Ibu Ketua Umum dijalankan dengan baik," jelas Hasto.

"Bahkan kita juga sudah mengeluarkan dua buah buku, yang pertama profil pangan di daerah di Indonesia dan kedua kedaulatan pangan daerah," tutup Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.