Sukses

JK Siap Kirim Relawan PMI Bantu Korban Gempa Turki

Gempa berkekuatan magnitudo 7,0 melanda Laut Aegea, Turki pada Jumat (30/10/2020) sore waktu setempat

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla alias JK turut prihatin dan berbelasungkawa atas bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 7 yang mengguncang pesisir barat Turki. Hingga kini, 19 orang dilaporkan tewas dan 700 orang lebih luka-luka akibat gempa tersebut.

"Tentu kita prihatin dan belasungkawa atas gempa yang terjadi di Turki. Kita juga di Indonesia selalu terkena gempa tapi di Turki ini agak besar sedikit karena banyak yang meninggal. Karena itu kami Palang Merah Indonesia berbelasungkawa untuk itu," ujar JK dikutip dari siaran persnya, Sabtu (31/10/2020).

Selain menyampaikan ucapan belasungkawa, JK juga menyatakan PMI siap mengirimkan relawannya untuk membantu evakuasi apabila dibutuhkan. Terlebih, kata dia, Turki juga turut membantu saat Aceh dilanda gempa serta tsunami pada 2004 lalu.

"Kami siap membantu apabila benar-benar dibutuhkan. Karena Turki ini salah satu negara yang membantu kita waktu Tsunami Aceh pada 2004 silam," tuturnya.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 7,0 melanda Laut Aegea, Turki pada Jumat (30/10/2020) sore waktu setempat. Gempa menyebabkan bangunan-bangunan runtuh di daerah pesisir.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puluhan Bangunan Hancur

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengumumkan jumlah korban tewas melalui Twitter, ketika orang-orang di dalam dan sekitar kota Izmir Turki berkumpul di jalan-jalan setelah melarikan diri dari gedung mereka untuk mencari keselamatan.

Setidaknya 20 bangunan hancur di Izmir akibat gempa, kata wali kota kota itu kepada CNN Turk.

Gambar menunjukkan sebuah mobil hancur di bawah bangunan yang telah runtuh, sementara tayangan TV menunjukkan orang-orang menggali melalui puing-puing, mencari orang yang selamat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Gempa Turki terjadi pada 6 Februari 2023 dengan kekuatan 7.8 sr (skala richter).
    Gempa Turki terjadi pada 6 Februari 2023 dengan kekuatan 7.8 sr (skala richter).

    Gempa Turki

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • JK

  • Tsunami Turki

  • PMI