Sukses

Hari Kedua Libur Panjang, Volume Kendaraan di Jalur Puncak Bogor Meningkat

Pantauan sekitar pukul 08.30 WIB, tampak antrean selepas gerbang tol Ciawi. Demikian pula di Simpang Gadog, terjadi penumpukan kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta Libur panjang hari kedua, volume kendaraan dari Jakarta menuju kawasan Puncak, Bogor, mulai meningkat, Kamis (29/10/2020) pagi.

Pantauan sekitar pukul 08.30 WIB, tampak antrean selepas gerbang tol Ciawi. Demikian pula di Simpang Gadog, terjadi penumpukan kendaraan.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda mengatakan, pagi ini ada peningkatan volume kendaraan dibanding hari sebelumnya. Untuk mengurai kemacetan, sistem satu arah (one way) dari Jakarta menuju Puncak pun diberlakukan sejak pukul 08.00 WIB.

"Sekarang lagi proses one way dari arah Jakarta ke Puncak," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda saat dihubungi.

Namun ia belum bisa memastikan sampai pukul berapa jalur dari arah Cianjur-Puncak menuju Jakarta dibuka kembali. Tetapi, kepadatan selepas pintu tol dan Simpang Gadog terpantau mulai terurai setelah diberlakukan one way.

"Kita lakukan situasional. Apabila sudah lancar, jalur kita normalkan kembali dua arah," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Sabtu

Begitu pula di beberapa ruas Jalan Raya Puncak, terpantau tidak ada antrean panjang. Kepadatan hanya terjadi di kawasan Pasir Muncang hingga Simpang Gadog.

"Hambatan hanya terjadi di Pasir Muncang dekat Masjid Harakatul Jannah karena bottleneck," kata Fitra.

Dia memprediksi puncak arus kepadatan di Jalur Puncak akan terjadi pada Sabtu karena ada pertemuan arus kendaraan wisatawan menuju Puncak dan arus balik ke Jakarta. Karena itu, pengendara khususnya pesepeda motor diimbau untuk tertib berlalu lintas.

Fitra juga menekankan pentingnya menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona (Covid-19) selama dalam perjalanan maupun saat liburan.

"Kami harap pengendara bersabar, berada di jalurnya dan patuhi arahan petugas di lapangan," kata dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.