Sukses

Pesan Menpora di Hari Sumpah Pemuda, Mari Bersatu dan Bangkit Melewati Masa Sulit

Di momen peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Menpora ajak para pemuda untuk bersatu dan bangkit dari keterpurukan di berbagai lini kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyampaikan pesan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-92 tahun 2020 yang berlangsung di Auditorium TVRI, Senayan, Jakarta, Rabu (28/10).

Pada kesempatan tersebut, Menpora mengatakan bahwa semangat sumpah pemuda tahun ini harus menjadi momentum untuk bersatu dan bangkit menghadapi keterpurukan serta menyongsong kemajuan bangsa.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, pandemi Covid-19 masih meluas di Tanah Air. Tidak ada upacara bendera, hingga kegiatan yang menghadirkan keramaian.

“Pandemi ini memberikan dampak yang luas bagi seluruh sendi kehidupan di masyarakat, termasuk anak muda di Indonesia. Oleh sebabnya, dibutuhkan semangat bersama untuk membangkitkan kembali Indonesia di mata dunia,” kata Menpora dalam sambutannya.

Tema besar dari peringatan Hari Sumpah Pemuda ini yakni Bersatu dan Bangkit. Jika dilihat dari 92 tahun silam, semangat itu masih tetap relevan dengan situasi dan kondisi saat ini. Semangat persatuan itu tumbuh menjadi kesadaran bersama untuk membebaskan diri dari penjajahan.

“Maka, semangat persatuan itu sangat dibutuhkan untuk bersama-sama mengatasi Pandemi Covid-19. Sekaligus bangkit bersama untuk menyongsong kemajuan bangsa. Bersatu berarti kita harus bergerak bersama, bergotong royong, dan mengedepankan persamaan diantara sesama anak bangsa,” terang Menpora RI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangkit dari Keterpurukan

Lebih lanjut, Menpora RI menjelaskan, pemuda Indonesia memiliki peran untuk menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Secara khusus, Menpora RI juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap berolahraga guna menjaga kebugaran.

“Semangat sumpah pemuda tahun ini harus menjadi momentum bagi pemuda tidak hanya bangkit menghadapi keterpurukan diberbagai lini dan sektor kehidupan. Pemuda Indonesia punya peran besar untuk memberi contoh kepada masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan,” ujar Menpora RI

“Sejalan dengan komitmen kebangkitan, kita bersama memiliki prioritas pengembangan kepemudaan diberbagai sektor sesuai dengan amanat UU 40 Tahun 2009 yakni kewirausahaan, kepemimpinan, kepeloporan, dan meningkatkan kreativitas pemuda,” pungkas Menpora RI.

3 dari 3 halaman

Penghargaan Apresiasi Pemuda dari Kemenpora

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020, Menpora RI membacakan penerima penghargaan apresiasi pemuda dari Kemenpora 2020

Pemenang Juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2020

1. Abdul Rozak Sh dari Sampang, Jawa Timur, Juara 1 Bidang Agama, Sosial, Budaya

2. Egi Trialogi dari Majalengka, Jawa Barat, Juara 1 Bidang Pendidikan

3. Abdul Rofiq Badril Rizal Mz dari Jember, Jawa Timur Juara 1 Bidang Inovasi Teknologi

4. Sulthan Nur Hidayatullah, Se dari Balikpapan, Kalimantan Timur, Juara 1 Bidang SDA, Lingkungan, Pariwisata

5. Fadhel Trio Putra dari Sawah Lunto, Sumatera Barat, Juara 1 Bidang Pangan

Pasangan Muda Inspiratif Dan Berprestasi Tahun 2020

Juara 1 Sultan Alfathir Dan Anik Haryanti dari Lamongan, Jawa Timur

Difabel Berprestasi

Fayza Putri Adila dari Depok, Jawa Barat

Mukhanafi Yasin Yusuf dari Purbalingga, Jawa Tengah

Pemuda Berprestasi Tingkat Internasional

  • Yolla Miranda Depok, Jawa Barat
  • Wafa Taftazani dari Jakarta
  • Adenanthera S. Fatma dari Jakarta

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini