Sukses

Staf Khusus Milenial Jokowi Bicara Soal Sumpah Pemuda di Masa Pandemi

Gracia Billy Yosaphat Mambrasar angkat bicara mengenai sumpah pemuda, yang tahun ini dirayakan di masa pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Staf Khusus Milenial Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gracia Billy Yosaphat Mambrasar angkat bicara mengenai sumpah pemuda, yang tahun ini dirayakan di masa pandemi Covid-19.

Menurut dia, semangat sumpah pemuda saat ini harus berjiwa kolaboratif. Meskipun, tak harus bertatap muka.

"Sumpah Pemuda menurut saya adalah semangat kolaborasi, satu. Kolaborasi bekerja bersama tak harus secara fisik. Dengan teknologi digital 4.0 ada fasilitas komunikasi yang membuat kita bisa berkolaborasi secara virtual," kata Billy, saat berbincang dengan Liputan6.com melalui sambungan telepon, Selasa (27/10/2020).

Dia menilai, cara yang berbeda tersebut tidak menihilkan tujuan dari sebuah kekompakkan pemuda. Apalagi, tantangan saat ini bagi pemuda adalah krisis ekonomi dan kesehatan akibat pandemi Covid-19.

"Kita berada dalam masa krisis, jadi hal dipikirkan adalah bagaimana kita untuk bangkit bersama, dan bukan malah saling menjatuhkan," dorong Billy.

Namun demikian, dia mengamini, dalam situasi pandemi Covid-19, pembagian kelompok antara pemuda masih terjadi.

Mereka sebagian menjadi kelompok yang bekerja keras membantu pemerintah untuk keluar dari permasalahan dan membantu negara. Sebagian lagi, adalah kelompok yang terus yang saling mematahkan semangat optimisme.

"Jadi harusnya di momen ini saling mendukung. Kita keluar dari masalah pandemi ini kita menghadapi bersama dalam prinsip kebersamaan," ajak Billy.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sampai ke Papua

Billy menambahkan, dalam semarak peringatan sumpa pemuda, pria yang ditugasi presiden dalam bidang pemuda, entrepreneuship, dan Indonesia Timur ini mengaku sudah melakukan sejumlah rangkaian diskusi daring dengan pemuda-pemudi di Papua.

Dia berharap dengan seringnya partisipasi dari mereka, maka semangat kolaborasi yang dibangung secara virtual dapat terwujud.

"Saya bikin beberapa hal campaign dari Papua, semangat kebangsaan nasionalisme melaui virtual yang kami kerjakan bersama, tentang apa sih semangat sumpah pemuda di mata kalangan pemuda pemudi di sana," Billy menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.