Sukses

Anies akan Siapkan Pedoman untuk Guru Ajari Isu Terkini ke Siswa

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah pedoman bahan belajar.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pihaknya menyiapkan sejumlah pedoman bahan belajar atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru untuk para siswa SD sampai SMA/Sederajat. Pedoman belajar tersebut akan memasukkan materi terkait isu yang ramai di masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Anies saat bertemu para kepala sekolah di Polda Metro Jaya untuk membahas para pelajar yang ditangkap saat demo penolakan RUU Cipta Kerja beberapa waktu lalu.

"Disdik menyiapkan bahan untuk para guru agar bisa memanfaatkan apa yang menjadi diskusi percakapan di masyarakat, sebagai bahan ajar untuk anak anak," kata Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (26/10/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, RPP tersebut membuat setiap guru memiliki pedoman dalam penyampaian materi hingga tujuan dari apa yang nanti disampaikan, khususnya mengenai pembelajaran isu terkini.

"Jadi bukan hanya sekedar menganjurkan, jadikan misalnya UU Cipta Kerja sebagai materi pembelajaran. Kalau hanya dianjurkan begitu nanti guru mungkin akan melalui tantangan, bagaimana menerjemahkan," ungkap Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Sampaikan Pendapat

Anies menuturkan, metode pembelajaran itu diharapkan siswa dapat menyampaikan pendapatnya sejak dini terkait permasalahan yang ada di masyarakat.

"Harapannya ini menjadi media pembelajaran yang bermanfaat untuk semuanya baik gurunya, orang tuanya, maupun siswanya," kata Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.