Sukses

Polres Tangerang Kerahkan Tim Pesepeda saat Operasi Zebra 2020, Ini Tugasnya

Operasi zebra akan dilakukan selama dua pekan mulai 26 Oktober 2020 hingga 8 November 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Kasatlantas Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Jamal Alam mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan personel untuk Operasi Zebra 2020 yang dimulai hari ini, Senin (26/10/2020) hingga 8 November mendatang.

Dia mengingatkan, Operasi Zebra ini untuk mengingatkan masyarakat disiplin berkendara, terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 ini.

"Untuk mengingkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta kepatuhan terhadap Undang-Undang Lalu Lintas," kata Jamal di Mapolrestro Tangerang Kota.

Dia pun mengungkapkan, ada tiga pelanggaran utama yang menjadi target Operasi Zebra kali ini, yakni melawan arus, tidak menggunakan helm bagi kendaraan roda dua, dan melanggar stop line.

"Ada juga target tambahan seperti sepeda motor tidak memenuhi persyaratan dan layak jalan atau menggunakan knalpot racing. Untuk mobil, mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan," tutur Jamal.

Dia juga menuturkan, pelanggaraan seperti memainkan ponsel saat mengemudi, pengendara di bawah umur, berbonceng tiga bagi sepeda motor, tidak dilengkapi surat-surat berkendaraan, juga menjadi fokusnya.

Yang menarik menurut Jamal, kali ini Polres Tangerang Kota menghadirkan tim pesepeda atau The 9 Bicycle Patrol. Menurut Jamala, tim tersebut bertugas mensosialisasikan Operasi Zebra dan juga mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Tim ini merupakan tim khusus Satlantas Polres Metro Tangerang Kota yang salah satu tujuannya adalah untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 melalui upaya preventif," jelas Jamal.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

9 Anggota

Sesuai namanya, The 9 Bicycle Patrol, tim ini terdiri dari 9 orang petugas Polantas yang nantinya akan bergerak sampai ke gang-gang atau jalan sempit.

"Hal ini dilakukan dengan harapan agar pelaksanaan patroli dapat menjangkau wilayah-wilayah pelosok sampai ke gang-gang dan jalan sempit," jelas Jamal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.