Polres Tangerang Kerahkan Tim Pesepeda saat Operasi Zebra 2020, Ini Tugasnya

Oleh Pramita Tristiawati pada 26 Okt 2020, 13:24 WIB
Diperbarui 26 Okt 2020, 13:24 WIB
The 9 Bicycle Patrol Polres Metro Tangerang Kota.
Perbesar
The 9 Bicycle Patrol Polres Metro Tangerang Kota. (foto: Pramita Tristiawati/Liputan6.com).

Liputan6.com, Jakarta - Kasatlantas Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Jamal Alam mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan personel untuk Operasi Zebra 2020 yang dimulai hari ini, Senin (26/10/2020) hingga 8 November mendatang.

Dia mengingatkan, Operasi Zebra ini untuk mengingatkan masyarakat disiplin berkendara, terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 ini.

"Untuk mengingkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta kepatuhan terhadap Undang-Undang Lalu Lintas," kata Jamal di Mapolrestro Tangerang Kota.

Dia pun mengungkapkan, ada tiga pelanggaran utama yang menjadi target Operasi Zebra kali ini, yakni melawan arus, tidak menggunakan helm bagi kendaraan roda dua, dan melanggar stop line.

"Ada juga target tambahan seperti sepeda motor tidak memenuhi persyaratan dan layak jalan atau menggunakan knalpot racing. Untuk mobil, mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan," tutur Jamal.

Dia juga menuturkan, pelanggaraan seperti memainkan ponsel saat mengemudi, pengendara di bawah umur, berbonceng tiga bagi sepeda motor, tidak dilengkapi surat-surat berkendaraan, juga menjadi fokusnya.

Yang menarik menurut Jamal, kali ini Polres Tangerang Kota menghadirkan tim pesepeda atau The 9 Bicycle Patrol. Menurut Jamala, tim tersebut bertugas mensosialisasikan Operasi Zebra dan juga mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Tim ini merupakan tim khusus Satlantas Polres Metro Tangerang Kota yang salah satu tujuannya adalah untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 melalui upaya preventif," jelas Jamal.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


9 Anggota

Sesuai namanya, The 9 Bicycle Patrol, tim ini terdiri dari 9 orang petugas Polantas yang nantinya akan bergerak sampai ke gang-gang atau jalan sempit.

"Hal ini dilakukan dengan harapan agar pelaksanaan patroli dapat menjangkau wilayah-wilayah pelosok sampai ke gang-gang dan jalan sempit," jelas Jamal.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya