Sukses

Daftar Menteri Jokowi-Ma'ruf yang Kinerjanya Puaskan Publik, Prabowo Subianto Rangking 1

Indonesia Political Review (IPR) merilis hasil penelitiannya berkaitan terhadap kinerja para menteri yang bekerja dalam kabinet selama setahun Jokowi-Ma'ruf Amin memimpin.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Political Review (IPR) merilis hasil surveinya berkaitan kinerja para menteri yang bekerja dalam kabinet selama setahun Jokowi-Ma'ruf Amin memimpin.

Survei dilakukan pada 1-10 Oktober 2020 dengan cara telesurvei, yakni responden diwawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner. Salah satu pertanyaannya memuat kepuasan publik terhadap kabinet Jokowi selama setahun ini.

"Berdasarkan hasil survei, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dinilai sebagai menteri berkinerja paling memuaskan yakni 45,2 persen," kata Direktur Eksekutif IPR, Ujang Komarudin, seperti dilansir Antara, Jumat (23/10/2020).

Menyusul Prabowo ada nama Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dengan meraih 44,9 persen kepuasan publik. Dan nama Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali 44,8 persen.

Selanjutnya, di posisi keempat Jaksa Agung, ST Burhanuddin 44 persen, disusul Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD 43,7 persen, Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi (Purnawirawan) Tito Karnavian 43 persen.

"Menteri PUPR, Basuki Hadimulyo 42,8 persen, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita 42,5 persen, dan Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto 42 persen," tutur Ujang.

Sementara menteri yang paling kecil mendapatkan kepuasan publik terkait kinerja mereka antara lain Menteri PPPA, Sofyan Djalil, hanya mendapatkan 34,8 persen kepuasan publik, kemudian Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro 34,5 persen, Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purnawirawan) Moeldoko 34 persen.

Menyusul Sekretaris Kabinet, Pramono Anung 33,6 persen, dan terakhir Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah 33,3 persen.

Untuk kinerja pemerintahan Jokowi, secara keseluruhan publik yang menyatakan sangat puas dan puas yakni sebesar 43,7 persen. Sementara tidak puas dan sangat tidak puas sebesar 51,3 persen. Sisanya memilih tidak menjawab atau tak tahu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuan Survei

Survei ini bertujuan mengukur dua hal isu utama yakni mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi- Ma'ruf Amin, dan mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri Jokowi- Ma'ruf Amin.

Survei ini dilakukan di 34 provinsi yang ada di Indonesia dan menggunakan metode multistage random sampling. Adapun jumlah responden yakni sebanyak 1.000 responden dengan margin of error +/- 3.1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.