Hindari Bundaran HI-Thamrin, Cek Pengalihan Arus Lalin Imbas Demo Hari Ini

Oleh Ady Anugrahadi pada 22 Okt 2020, 16:27 WIB
Diperbarui 22 Okt 2020, 16:27 WIB
Situasi di kawasan Istana. Belum ada pendemo yang akan menyampaikan aksi menolak RUU Cipta Kerja.
Perbesar
Situasi di kawasan Istana, Kamis (8/10/2020). Belum ada pendemo yang akan menyampaikan aksi menolak RUU Cipta Kerja. (Liputan6.com/ Muhammad Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengalihkan arus lalu lintas di Jalan Bundaran HI ke di Jalan MH Thamrin menuju ke Jalan Medan Merdeka Barat, menyusul adanya demo tolak RUU Cipta Kerja. Mulai Kamis (22/10/2020) siang, lebih dari 1.500 buruh berkumpul di Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat untuk berunjuk rasa.

Kasatlantas Polres Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi mengatakan, kendaraan dari Jalan MH Thamrin ke arah Selatan dialihkan ke Imam Bonjol, Diponegoro atau Kebon Kacang.

"Kalau yang mau ke arah Tanah Abang," kata Lilik di lokasi saat memantau arus lalu lintas di tengah demo hari ini, Kamis (22/10/2020).

Sementara, bagi yang ke arah Utara dimbau melewati Cikini, Kebon Kacang hingga ke Jalan KH Mas Mansyur.

"Kalau underpass Tanah Abang bisa langsung Harmoni ke sana lancar," ujar Lilik.

Dia menegaskan, kepadatan kedaraan hanya terjadi di Jalan MH Thamrin mengarah ke Jalan Medan Merdeka Barat. "Tapi ke arah Utara ke Selatan lancar," lanjut dia soal arus lalu lintas di tengah demo hari ini.

 

2 dari 3 halaman

1.500 Buruh

Sebelumnya, Sebanyak 1.500 buruh berkumpul di Patung Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2020) siang hendak demo menyampaikan aspirasinya terkait RUU Cipta Kerja. Polisi memperkirakan jumlah buruh yang demo akan terus bertambah sore ini.

"Buruh saat ini perkirakan sudah kumpul 1.500-an tapi dari pancaran kemungkinan akan tambah lagi karena ada yang masih dalam perjalanan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Heru Novianto, di lokasi, Jakarta, Kamis.

Peserta demo hari ini merupakan gabungan dari berbagai serikat buruh. Antara lain, Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, Gerakan Buruh Bersama Rakyat, serta Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia

"Kita pusatkan di sini (Patung Kuda Wijaya). Namun ada satu kelompok yang mau orasi di Tugu Tani," ujar Heru.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓