Sukses

Survei Charta Politika Pilkada Minut: Joune Ganda Paling Perhatian, Sompie Relijius

Menurut Yunarto, survei Charta Politika juga menunjukkan tingkat kemantapan pilihan masyarakat sudah cukup tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga survei Charta Politika Indonesia membeber hasil survei "Preferensi Politik Masyarakat Kabupaten Minahasa Menjelang Pilkada Serentak 2020", Rabu 21 Oktober 2020.

Selain mengukur elektabilitas pasangan calon bupati dan wakil bupati Minahasa Utara (Minut), survei juga menyoroti penilaian publik terhadap kandidat calon bupati yang berlaga.

"Joune JE Ganda dinilai sebagai calon Bupati paling mapan secara ekonomi, paling perhatian pada rakyat dan paling pintar. Sementara Sompie SF Singal sedikit berada di atas Joune JE Ganda, dinilai sebagai calon Bupati paling religius,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya.

Dalam survei ini, Joune JE Ganda – Kevin W Lotulung berada pada pilihan tertinggi saat ini dengan elektabilitas 46,0%. Diikuti berikutnya oleh pasangan Sompie SF Singal – Joppi Lengkong dengan elektabilitas 24,2% dan Shintia Gelly Rumumpe – Netty Agnes Pantow dengan elektabilitas 18,2%.

Menurut Yunarto, survei Charta Politika juga menunjukkan tingkat kemantapan pilihan masyarakat sudah cukup tinggi.

"Temuan survei ini memperlihatkan warga yang menyatakan pilihannya sudah mantap sebesar 68,7%," kata Yunarto.

Survei Charta Politika Inonesia dilakukan pada 9-14 Oktober 2020 dengan melibatkan 600 responden yang diwawancara secara tatap muka melalui metode acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error diperkirakan +/-4% pada tingkat kepercayaan 95%.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Calon Bersaing

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara, Rabu (23/9/2020), menetapkan 3 pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada 9 Desember 2020. Dari 3 pasang kandidat ini, ada anak bupati petahana, mantan bupati, dan kemenakan gubernur.  

Pasangan pertama adalah Joune Ganda dan Kevin William Lotulung yang diusung seperti PDIP dan Demokrat, PSI, dan Gerindra. Joune dikenal sebagai orang dekat Gubernur Sulut Olly Dondokambey, sedangkan Kevin adalah kemenakan Olly, dan juga putra dari anggota DPR RI Adriana Dondokambey.

Selanjutnya, ada Sompie Singal dan Joppi Lengkong yang diusung Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional. Sompi pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Minahasa Utara tahun 2005 – 2008. Saat Bupati Minahasa Utara Vonny Panambuan tersangkut masalah hukum di tahun 2008, Sompie melanjutkan tugas sebagai bupati. Sompie kemudian menang di Pilkada 2010 – 2015 saat berpasangan dengan Yulisa Baramuli.

Pasangan selanjutnya adalah Shintia Gelly Rumumpe dan Netty Agnes Pantauw yang diusung Partai Nasdem dan PKB. Shintia adalah anak dari Bupati Minahasa Utara Vonny Anneke Panambunan. Pada 2010, Shintia pernah maju sebagai calon wakil bupati berpasangan dengan Piet Luntungan, tetapi kalah dari pasangan Sompie Singal dan Yulisa Baramuli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.