Sukses

Lapas Bangkinang Riau Beri Pelatihan Agar Produktivitas Warga Binaan Meningkat Usai Bebas

Lapas Kelas IIA Bangkinang Riau konsisten untuk memaksimalkan kegiatan pembinaan kemandirian.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bangkinang, Provinsi Riau memberikan sejumlah pelatihan bagi warga binaannya dalam rangka persiapan agar ketika mereka terbebas dapat meningkatkan produktivitas mereka. Selain itu pembinaan juga untuk menghadapi krisis ekonomi keluarga dalam masa pandemi Covid 19.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bangkinang Riau Sutarno menyatakan roda perekonomian menjadi yang terdampak paling berat di masa pandemi sehingga pihaknya berupaya memberikan modal kepada warga binaan agar selepas menjalani masa pidana mampu melanjutkan kehidupan secara lebih baik di lingkungan masyarakat.

Dia menyatakan, Lapas Kelas IIA Bangkinang Riau konsisten untuk memaksimalkan kegiatan pembinaan kemandirian memberikan pelatihan berupa pelatihan budidaya ayam potong, pelatihan budidaya jagung hibrida dan pelatihan pembuatan roti (bakery).

“Dalam praktiknya kegiatan budidaya ayam potong ini dibangun di atas lahan seluas 8 x 16 m2 sehingga dapat menampung ayam sebanyak ± 2000 ekor. Budidaya ayam potong bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Kampar. Budidaya ayam potong ini telah berjalan dalam kurun waktu satu tahun dan telah menghasilkan ayam potong sebanyak 1.400 kg perbulannya,” kata Sutarno, Rabu (21/10/2020).

Sementara untuk pelatihan budidaya jagung hibrida dengan memaksimalkan lahan kosong seluas 2 hektare yang ada di sekitar Lapas.

“Kegiatan penanam jagung hibrida ini turut difasilitasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Kampar berupa bantuan bibit sebanyak 30 kg dan alat pengolahan lahan,” ungkapnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Skill Tata Boga

Sedangkan untuk menambah pengetahuan dan skill di bidang Tataboga, lanjut kalapas, warga binaan juga dibekali pelatihan pembuatan roti (bakery) di pabrik roti yang berada di dalam Lapas Kelas IIA Bangkinang.

“Roti yang diberi nama kayna (Karya Narapidana) diproduksi dan didistribusi setiap harinya guna dikonsumsi oleh warga binaan Lapas maupun Petugas Lapas Kelas IIA Bangkinang,” tambahnya.

Dia menuturkan, budidaya ayam potong, budidaya jagung hibdrida dan pembuatan roti (bakery) di Lapas Kelas IIA Bangkinang ini diharapkan dapat membantu memaksimalkan Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 berupa pemenuhan ketahanan pangan dan peningkatan PNBP di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI serta yang terpenting dapat dijadikan sebagai bekal oleh warga binaan selepas menjalani hukuman pidana.

“Dengan pembinaan ini semoga warga binaan kami dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna dil ingkungan masyarakat setelah kembali ke masyarakat,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.