Jokowi Terima Kunjungan Resmi PM Jepang Yoshihide Suga di Istana Bogor

Oleh Lizsa Egeham pada 20 Okt 2020, 16:25 WIB
Diperbarui 20 Okt 2020, 16:34 WIB
Meski diguyur hujan Presiden RI Joko Widodo tetap menyambut kehadiran PM Jepang Suga Yoshihide (Sekretariat Kepresidenan)
Perbesar
Meski diguyur hujan Presiden RI Joko Widodo tetap menyambut kehadiran PM Jepang Suga Yoshihide (Sekretariat Kepresidenan)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa (20/10/2020) petang. PM Suga menjadi pemimpin negara pertama yang berkunjung ke Indonesia, sejak Covid-19 melanda Tanah Air pada Maret lalu.

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, Suga dan istrinya, Mariko Suga tiba di Istana Bogor sekitar pukul 16.02 WIB. Keduanya langsung disambut oleh Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Suga dan sang istri nampak mengenakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19 sesuai protokol kesehatan. Begitu pula dengan Jokowi dan Iriana. Ibu Negara Iriana yang mengenakan hijab bahkan terlihat memakai face shield atau pelindung wajah.

Kedua pemimpin negara itu juga tidak berjabat tangan. PM Suga hanya membungkukkan badan dan mengatupkan kedua tangan sebagai tanda memberi salam kepada Jokowi

Upacara penyambutan dilakukan dengan sederhana, di mana tidak ada barisan anak-anak SD yang mengenakan pakaian adat Indonesia. Jokowi dan PM Suga kemudian berfoto bersama.

Selanjutnya, Jokowi mengajak Suga masuk ke dalam Istana Bogor untuk mengisi buku tamu. Keduanya, lalu melakukan Veranda Talk atau berbincang santai di beranda Istana Bogor.

Setelah itu, Jokowi dan Suga langsung melakukan pertemuan bilateral. Belum diketahui, apa isi pertemuan bilateral itu sebab digelar secara tertutup. Kendati begitu, direncanakan ada keterangan pers terkait pertemuan kedua pimpinan negara tersebut.

Jokowi tampak didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri BUMN Erick Thohir. Semua menteri dan delegasi dari kedua negara tampak memakai masker.

Lawatan ini adalah bagian dari rangkaian perjalanan PM Suga ke Asia Tenggara dan lawatan luar negeri pertama sejak ia menjabat sebagai kepala pemerintahan Jepang. Sebelum bertolak ke Indonesia, Suga sempat ke Vietnam terlebih dahulu.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Bahas Pandemi Covid-19

Adapun kunjungan Suga ke Indonesia juga dipandang sebagai bentuk solidaritas di tengah kondisi pandemi Covid-19. Isu tersebut diperkirakan menjadi topik pembahasan antara PM Suga dan Presiden Joko Widodo.

"Diperkirakan kedua pemimpin akan membahas kerja sama dalam konteks pandemi, baik dalam aspek kesehatan maupun dari aspek bagaimana meningkatkan kerja sama ekonomi," ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Jumat 16 Oktober 2020.

Isu stabilitas kawasan dan dunia pun juga akan dibahas PM Suga dan Presiden Jokowi. PM Jepang Yoshihide Suga baru menjabat pada September 2020 menggantikan Shinzo Abe yang lengser karena sakit. Masa jabatan Suga berakhir tahun depan karena hanya menyelesaikan masa jabatan Abe.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓