Sukses

Satu Tahun Jokowi-Maruf, Ini Catatan dari Komisi III

Hari ini, 20 Oktober 2020 tepat satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres Ma’ruf Amin.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, 20 Oktober 2020 tepat satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres Ma’ruf Amin.

Pada periode kedua Jokowi ini, ada beberapa catatan dalam bidang hukum dan HAM yang disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari fraksi Partai Nasdem, Ahmad Sahroni.

"Secara garis besar, kami di parlemen tentunya melihat ada banyak catatan maupun pencapaian yang berhasil diraih pemerintah selama satu tahun ini, misalnya, terkait pengungkapan dan pemberantasan kasus narkoba oleh kepolisian," ujar Sahroni kepada wartawan, Selasa (20/10/2020).

Sahroni juga menyebutkan bahwa selama satu tahun ke belakang ini, polisi telah menunjukkan kinerjanya dengan berhasil mengungkap 29 ribu kasus narkoba.

"Banyak sindikat narkoba international yang ditangkap, dan upaya pengungkapan ini tidak terhenti karena adanya pandemi. Ini membuktikan bahwa kepolisian dan pemerintah tidak main-main soal ini," sambungnya.

Sahroni juga menambahkan bahwa dalam kondisi Covid-19 saat ini, pemerintahan Jokowi menghadapi banyak hambatan, namun hingga saat ini, situasi keamanan di dalam negeri masih terjaga.

"Ini tentunya sangat kita apresiasi, karena di negara lain, adanya pandemi bikin kriminalitas dan kejahatan meningkat tajam, namun kita lihat di indonesia, kepolisian berhasil menjaga keamanan hingga situasi tetap kondusif," tambahnya lagi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Kritikan Publik

Meski begitu, Sahroni tidak menampik bahwa dalam satu tahun terakhir ini, ada juga beberapa aturan terkait hukum dan HAM yang perlu dikritikan publik.

"Itu tidak apa-apa. Dalam demokrasi, kritik dan masukan untuk pemerintah itu hal yang normal dan justru harus kita hargai. Kami di Komisi III siap bekerjasama dengan pemerintah dalam meningkatkan kinerja di bidang Kumham dan akan selalu mendengar aspirasi masyarakat," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.