Jelang Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin, Ketua MPR Minta Fokus Hadapi Covid-19

Oleh Delvira Hutabarat pada 19 Okt 2020, 18:45 WIB
Diperbarui 19 Okt 2020, 22:40 WIB
Senyum Jokowi-Ma'ruf Usai Dilantik Jadi Presiden dan Wakil Presiden
Perbesar
Joko Widodo atau Jokowi didampingi Ma'ruf Amin beserta istri foto bersama Pimpinan MPR usai resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi dan Ma'ruf resmi menjadi Presiden dan Wapres RI. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, jelang satu tahun pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, masih harus menuntaskan pekerjaan rumah, salah satunya mengatasi pandemi Covid-19.

Dia meminta pemerintah Jokowi-Ma'ruf untuk fokus dan inovatif menghadapi pandemi Covid-19 ini. Diketahui, pemerintahan Jokowi akan genap berusia setahun pada Selasa 20 Oktober 2020 besok. 

"Fokus, adaptif serta tetap inovatif dalam memimpin negara ini khususnya dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 saat ini," kata pria yang akrab disapa Bamsoet ini dalam keterangannya, Senin (19/10/2020).

Dia juga mendesak, jajaran kementerian dan lembaga agar dapat meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi antar lembaga, khususnya kepada Kementerian Sosial sebagai tulang punggung pemberian bantuan sosial.

"Agar pemanfaatan program pemerintah melalui jaring sosial dapat terus dioptimalkan," ungkap Bamsoet.

 

2 dari 3 halaman

Kedepankan Kesehatan

Bamsoet juga mendorong pemerintah, untuk mengedepankan kesehatan masyarakat dan menyelamatkan perekonomian nasional, dengan melakukan berbagai cara dan strategi yang fleksibel, cepat, dan tepat, serta mengoptimalkan pelaksanaan program Penyelamatan Ekonomi Nasional/PEN.

"Pemerintah juga harus dapat meningkatkan pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi melalui reformasi birokrasi, dan transformasi ekonomi, dikarenakan kelima hal tersebut merupakan lima program prioritas Jokowi-Ma'ruf," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓