Sukses

HUT ke-73 Korpaskhas, KSAU: TNI AU Harus Siap Hadapi Ancaman Nuklir, Biologi, Kimia

KSAU juga berharap korps baret jingga TNI terus dapat berkontribusi bagi bangsa, serta memiliki kemampuan yang semakin diakui, sebagaimana pasukan khusus lainnya di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo berkeinginan untuk membesarkan organisasi dan meningkatkan kemampuan Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) pada tingkat yang semakin tinggi.

Dia pun berharap korps baret jingga terus dapat berkontribusi bagi bangsa, serta memiliki kemampuan yang semakin diakui, sebagaimana pasukan khusus lainnya di dunia.

Hal ini diungkapnya saat memimpin upacara peringatan HUT ke-73 Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU di Gedung Auditorium Denma Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (17/10/2020). 

"Peringatan ini sebagai momentum untuk mengingat kembali semangat perjuangan para pionir pasukan Baret Jingga dan mengimplementasikannya ke dalam tubuh organisasi Korps Pasukan Khas yang semakin modern," kata Fadjar.

Dia pun menyatakan, Korpaskhas tidak hanya siap menjawab ancaman tugas di masa kini, namun juga siap beradaptasi dan mengakuisisi kemampuan dalam menghadapi tantangan masa depan, baik berupa ancaman militer, ancaman non-militer, maupun hibrid.

Secara khusus, Fadjar berharap, Korpaskhas dapat meningkatkan spektrum ancaman dan kemajuan teknologi, dan siap dalam menghadapi ancaman persenjataan nuklir, radiologi, biologi, dan kimia, atau nubika.

Selain itu, lanjut dia, Korpaskhas harus mampu beradaptasi dengan segala perkembangan, khususnya melalui penyiapan kualitas SDM yang mumpuni, dengan tanpa mengenal lelah.

"Dengan semangat pengabdian tanpa batas, berlandasan jiwa kesatria dan loyalitas tinggi, Korpaskhas harus semakin militan dan profesional demi Kedaulatan NKRI yang kita cintai bersama," ujar Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghargaan

Sebagai informasi, dalam peringatan ini terdapat penghargaan kepada 15 prajurit Korpaskhas dalam rangka HUT ke-73 Korpaskhas, serta Vicon kepada prajurit Korpaskhas yang sedang melaksanakan penugasan di Indobatt Lebanon, Satgas Pamrahwan Papua, Satgas Bandara Internasional Pattimura Ambon, dan Satgas pengamanan Kipan C Paskhas di Lhokseumawe.

Turut hadir dalam upacara tersebut Wakasau, Irjenau, para Asisten Kasau, Dankorpaskhas, Pangkohanudnas, Pangkoopsau I, Kapuslaiklambangja, Wadankodiklatau, Wadankorpaskhas, dan Waasrena Kasau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.