Usai Ditemui Stafsus Milenial Jokowi, Massa BEM SI Membubarkan Diri

Oleh Nafiysul Qodar pada 16 Okt 2020, 18:48 WIB
Diperbarui 16 Okt 2020, 18:58 WIB
Mahasiswa, Buruh dan Pelajar Kumpul di Tugu Proklamasi Sebelum Bergerak ke Istana
Perbesar
Massa aksi yang terdiri dari mahasiswa, buruh serta pelajar berkumpul di sekitar Tugu Proklamasi, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Massa aksi bersiap menggelar unjuk rasa di Istana Negara untuk mengajukan protes atas disahkannya RUU Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Massa aksi demonstrasi dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) mulai membubarkan diri saat hujan deras disertai petir mengguyur kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Jumat (16/10/2020) petang.

Sebagaimana dilansir Antara, beberapa kelompok mahasiswa terpantau mulai meninggalkan lokasi unjuk rasa, sementara sebagian lainnya masih bertahan untuk berteduh menunggu hujan reda.

Sebelum membubarkan diri, massa aksi sempat ditemui staf khusus (stafsus) milenial Presiden Jokowi, Aminuddin Ma'ruf dan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto.

Di depan ratusan massa aksi, Aminuddin berjanji akan menyampaikan aspirasi mahasiswa kepada Presiden Joko Widodo.

Massa aksi demonstrasi itu, menuntut pembatalan pengesahan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja yang sudah diketuk palu melalui sidang paripurna DPR RI pada Senin 5 Oktober 2020 lalu.

Aksi demo mahasiswa yang digawangi BEM SI ini berlangsung aman dan tertib serta mendapatkan pengawalan yang ketat dari personel kepolisian dibantu TNI.

2 dari 3 halaman

Diutus Jokowi

Putri Tanjung hingga Angkie Yudistia Diangkat Jadi Staf Khusus Jokowi
Perbesar
Presiden Joko Widodo foto bersama para staf khususnya di Istana Merdeka, Jakarta (21/11/2019). Staf khusus baru kalangan milenial Mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia/PMII Aminuddin Ma'ruf, Peraih beasiswa kuliah di Oxford Billy Gracia Yosaphat Mambrasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Aminuddin Maruf, staf khusus milenial Presiden Joko Widodo menerima aspirasi mahasiswa yang menggelar demo menolak RUU Cipta Kerja hari ini. Dia menerima mahasiswa atas permintaan Jokowi.

"Saya temui mereka diminta Pak Presiden Jokowi," kata dia saat dikonfirmasi, Jumat (16/10/2020).

Kepada mahasiswa, Aminuddin berjanji untuk meneruskan tuntutan mereka sampai di tangan Presiden Joko Widodo. Dia juga menyatakan tidak akan ada hal yang dikurangi atau ditambahkan dalam substansi tuntutan yang disampaikan mahasiswa kepadanya.

"Pernyataan sikap dari teman-teman BEM Seluruh Indonesia akan saya sampaikan tidak kurang dan tidak lebih. Semuanya terkait UU cipta kerja," jelas dia.

Aminuddin menemui mahasiswa yang demo sekitar pukul 15.00 WIB. Dia mengaku tengah berkantor di Istana Negara.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Jokowi saat ini tengah bekerja di Istana Bogor.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓