Sukses

Alasan Penting Orang Dewasa Butuh Rutin Imunisasi di Masa Pandemi

Orang dewasa adalah penyakit pembawanya (carrier) yang berpotensi menularkan virus kepada anggota keluarga lain, termasuk bayi dan anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta WHO secara spesifik menyebutkan bahwa selama pandemi sebaiknya mendapatkan vaksinasi influenza dan pneumonia, terutama untuk orang dewasa.

Upaya tetap sehat wajib dilakukan dengan mencegah penyakit, salah satunya melalui imunisasi untuk menjaga kekebalan tubuh.

Namun yang perlu diperhatikan adalah adanya penyakit pembawanya (carrier) adalah orang dewasa di mana bisa menularkannya kepada anggota keluarga lain, termasuk bayi dan anak-anak. Untuk tetap sehat, anak-anak bukan hanya perlu imunisasi tetapi juga membutuhkan orang tua dan orang dewasa di sekitarnya yang sehat.

Menurut Spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog, dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD menyatakan bahwa WHO secara spesifik menyebutkan bahwa orang dewasa selama pandemipenting melakukan vaksinasi influenza dan pneumonia atau PCV.

"Vaksinasi influenza itu sendiri perlu dilakukan rutin setiap tahun," katanya di acara Forum Dialog Kabar Kamis bertema Mengapa Vaksin Penting? Perlukah untuk Orang Dewasa? yang diselenggarakan di Media Center Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kamis (15/10).

Dengan melakukan imunisasi di usia dewasa maupun lanjut usia, menjadi salah satu upaya dalam menjaga kesehatan melalui pembentukan kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.