Sukses

Sandiaga: UMKM Harus Terdepan Ciptakan Lapangan Kerja

Sandiaga mengingatkan pemrintah bergerak cepat untuk menyelamatkan sektor UMKM agar segera membangkitkan kembali roda perekonomian.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahudin Uno berharap Undang-undang Cipta Kerja yang disahkan DPR bersama Pemerintah 5 Oktober lalu,  memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

"Jadi UMKM lah yang harus ada di garda terdepan dalam menciptakan lapangan kerja. Dan seandainya ada UU Cipta Kerja ini harusnya jadi UU yang memberdayakan UMKM,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini menjelaskan bahwa UMKM ini memerlukan akses pemasaran, akses permodalan, dan juga akses peningkatan sumber daya manusia (SDM). Maka, dengan adanya UU Ciptak Kerja diharapkan persoalan tersebut terselesaikan.

"UMKM ini 100 juta lebih usaha mikro dan ultra mikro. Jadi UU Ciptaker ini harus berpihak pada usaha kecil," ujar dia.

Sandiaga yang juga mantan cawapres 2019 terus mendorong UMKM untuk menjadi lokomotif pencipta lapangan kerja, terlebih setelah adanya krisis dan pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat wabah virus corona.

"97 persen dari lapangan kerja yang ada di Indonesia ini dikontribusikan oleh UMKM. Dan mudahan ini adalah titik balik kita untuk mempercepat pemulihan kita pasca krisis pandemi ini," harap Sandiaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerakkan UMKM

Sandiaga mengingatkan pemrintah bergerak cepat untuk menyelamatkan sektor UMKM agar segera membangkitkan kembali roda perekonomian.

"Saya rasa kita harus fokus cara pemerintah bisa mempercepat, pengiriman dana tunai pada masyarakat yang membutuhkan. Dan bagaiamana kita dapat menggerakan kembali UMKM,” ujarnya.

Selain itu, Sandi juga mendorong pemerintah dan lembaga negara untuk menyerap dan memberi akses bagi produk-produk lokal khusunya produksi UMKM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.