Demo Hari Ini, Cek Skenario Pengalihan Arus Lalu Lintas Sekitar Istana

Oleh Liputan6.com pada 16 Okt 2020, 09:57 WIB
Diperbarui 16 Okt 2020, 09:57 WIB
Demo Buruh-Mahasiswa, Lalu Lintas Sekitar Istana Negara Dialihkan
Perbesar
Ilustrasi rekayasa atau pengalihan arus lalu lintas | foto : Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mempersiapkan pengalihan arus lalu lintas di kawasan sekitar Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat pada Jumat (16/10/2020) untuk mengantisipasi demotolak RUU Cipta Kerja.

"Kami kembali menyiapkan rencana rekayasa lalin di kawasan Istana hari ini," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Jumat (16/10/2020).

Rekayasan lalu lintas ini dilakukan, karena Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau BEM SI akan kembali menggelar demo tolak RUU Cipta Kerja di Istana Merdeka.

Sambodo menjelaskan rekayasa lalin ini sifatnya situasional. Rekayasa baru dilakukan apabila mendesak. "Pengalihan arus ini dilakukan secara situasional, tergantung situasi dan kondisi di lapangan nantinya," kata dia soal skenario pengalihan arus lalin saat demo.

 

2 dari 3 halaman

Cek Skenario Pengalihan Lalin

Berikut rencana pengalihan arus lalu lintas di kawasan sekitar Istana Negara yang telah disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan ke traffic light Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalin dari Jalan Fachrudin yang akan belok kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan. Arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari l Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok ke kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓