Bogor Diterjang Puting Beliung, Pohon Tumbang Timpa Mobil dan 7 Rumah Rusak

Oleh Achmad Sudarno pada 15 Okt 2020, 23:27 WIB
Diperbarui 15 Okt 2020, 23:27 WIB
puting beliung
Perbesar
Angin puting beliung yang menerjang beberapa wilayah di Kota Bogor membuat sejumlah pohon tumbang, Kamis (15/10/2020). (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta - Angin puting beliung menerjang beberapa wilayah Kota Bogor, Jawa Barat. Satu unit mobil mewah tertimpa pohon yang tumbang akibat diterpa angin kencang tersebut. Belasan bangunan rumah yang diterpa angin kencang juga mengalami kerusakan di bagian atap.

Peristiwa bencana alam ini terjadi sekitar pukul 17.30 WIB, Kamis (15/10/2020). Beberapa titik yang terdampak, yakni Jalan Lawang Gintung dan Jalan Pahlawan, Kecamatan Bogor Selatan. Sedangkan belasan rumah rusak berada di Kelurahan Pamoyanan dan Empang.

Di Jalan Lawang Gintung, pohon tumbang menimpa sebuah mobil Toyota berpelat nomor F 505 EL yang tengah melintas. Tak ada korban jiwa maupun luka. Namun pengendara dan penumpang mobil mengalami syok akibat kejadian tersebut.

"Waktu lewat, saya masih jauh dari lokasi kejadian. Setelah mendekati, pohon tumbang nimpa mobil. Tidak ada korban, hanya kena mobil saja," terang Andri pengendara sepeda motor.

Tampak bagian atap dan kap depan mobil rusak. Kaca bagian depan pun retak. Spion kiri juga terlepas dari tempatnya.

Di kawasan Jalan Pahlawan, angin puting beliung merobohkan pohon berukuran besar hingga menutupi seluruh badan jalan. Akibat kejadian tersebut arus lalu lintas di kawasan itu macet parah.

Kemudian di Jalan NV Sidik, dahan-dahan pohon berukuran besar patah sehingga menutupi badan jalan.

Kabid Pemadam Kebakaran Kota Bogor Muhammad Ade Nugraha menyebutkan, ada sembilan pohon tumbang tersebar di sejumlah titik lokasi. Pohon tumbang terjadi akibat diterjang angin puting beliung dan hujan deras pada Kamis sore.

Menurutnya, kejadian ini telah menimbulkan kerusakan, antara lain satu unit mobil Toyota Fortuner, dapur rumah, dan pagar SMAN 4 Kota Bogor rusak tertimpa pohon tumbang.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka, hanya kerusakan satu unit mobil dan bagian dapur rumah warga," kata dia.

Saat ini, arus lalu lintas sudah kembali normal setelah petugas dari Damkar Kota Bogor mengevakuasi mobil dan menyingkirkan batang serta ranting pohong yang sempat menutup beberapa ruas jalan tersebut.

"Kita sudah memotong dan menyingkirkan batang dan dahan pohon ke pinggir jalan sehingga kini sudah bisa dilalui kendaraan," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tujuh Rumah Rusak

Selain pohon tumbang, tujuh rumah rusak diterjang angin puting beliung. Tujuh unit rumah rusak sedang tersebar di tiga RW Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan.

"Iya betul ada tujuh rumah rusak sedang. Sekarang lagi nunggu bantuan terpal," ujar Lurah Pamoyanan Ali Firdaus.

Selain di Pamoyanan, rumah-rumah penduduk di Kelurahan Empang dan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan juga dilaporkan mengalami kerusakan. Atap bangunan rumah warga rusak terbawa angin.

Sampai saat ini, pihak BPDB Kota Bogor masih melakukan pendataan di lokasi kejadian.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya