Sukses

Bentrok Antarwarga Pecah di Pubabu Besipae NTT

Niko Manao menjelaskan, massa yang datang menyerang berjumlah puluhan orang yang diangkut dengan satu truk dan dua pick up.

Liputan6.com, Jakarta - Bentrok antarwarga pecah di Pubabu Besipae, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/10/2020) pagi.

Warga Pubabu Besipae, Niko Manao, ketika dikonfirmasi dari Kupang, mengungkapkan bentrok antarwarga yang baru saja terjadi di Besipae dan terekam dalam video yang sudah beredar di media sosial.

"Ada puluhan orang yang datang menyerang warga Pubabu Besipae, mereka diketahui dari Desa Pollo," katanya mengaku menyaksikan dan mengalami peristiwa bentrokan tersebut.

Niko Manao menjelaskan, massa yang datang menyerang berjumlah puluhan orang yang diangkut dengan satu truk dan dua pick up.

Menurut dia, sebanyak 37 kepala keluarga yang menghuni lahan di Pubabu Besipae diserang massa tersebut yang berasal dari desa tetangga.

"Banyak warga yang cedera. Perempuan dan orangtua juga dipukul dan dilempari," kata Niko Manao seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan, hingga saat ini kondisi belum kondusif karena warga masih terpencar untuk menyelamatkan diri dan beberapa di antaranya belum diketahui keberadaannya.

Aksi bentrok antarwarga tersebut terekam dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Dalam video berdurasi 20 detik itu, sejumlah warga tampak sedang beradu mulut di sebuah bangunan lopo yang disusul dengan aksi serangan memukul menggunakan tangan maupun kayu dari sejumlah warga terhadap warga lainnya.

Warga yang terkena pukulan kayu kemudian melarikan diri sambil dikejar beberapa orang yang diwarnai suara teriakan meminta tolong berulang kali.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Kerahkan Personel

Kepala Kepolisian Resor Timor Tengah Selatan AKBP Arya Sandi, ketika dihubungi secara terpisah, membenarkan adanya konflik antarwarga di Pubabu Besipae.

"Betul ada konflik antarwarga di Besipae tadi sekitar pukul 10.00 Wita, antara warga Besipae dengan warga yang datang bekerja di lahan Besipae," katanya.

Ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pimpinan aparat TNI di daerah setempat untuk mengerahkan para personel guna melakukan pengamanan dan mengantisipasi bentrok susulan.

Sebelumnya, pada Rabu 14 Oktober 2020, konflik memperebutkan lahan juga kembali pecah antara aparat dari Pemerintah Provinsi NTT dengan warga Pubabu Besipae.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.