Sukses

Satgas: Kasus Aktif Covid-19 di Papua Meningkat Selama 4 Minggu Berturut-turut

Angka kasus sembuh dari Covid-19 di Papua juga menurun signifikan dalam dua pekan terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, kasus aktif virus corona di Papua terus meningkat selama empat minggu berturut-turut. Kasus aktif adalah kasus konfirmasi positif Covid-19 dikurangi jumlah pasien yang sembuh dan meninggal.

Wiku menjelaskan, pada 27 September, kasus aktif Covid-19 di Papua berada di angka 35,7 persen. Kemudian meningkat menjadi 39,42 persen pada 4 Oktober, dan menyentuh angka 43,35 persen per 11 Oktober.

"Pada evaluasi dua pekan sebelumnya, Papua juga mengalami peningkatan kasus aktif. Ini artinya, kasus aktif di Papua meningkat persentasenya selama 4 minggu berturut-turut," jelas Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (15/10/2020).

Bukan hanya kasus aktif, persentase kesembuhan di Papua juga menurun signifikan dalam dua pekan terakhir. Pada 27 September, angka kesembuhan di Papua sebesar 62,8 persen, namun menurun pada 4 Oktober menjadi 59,06 persen. Penurunan angka kesembuhan kembali terjadi pada 11 Oktober di angka 55,21 persen.

Menurut Wiku, peningkatan kasus aktif dan penurunan kesembuhan ini disebabkan terjadinya transmisi lokal dan kurangnya pelacakan kontak, pemeriksaan spesimen, serta pelayanan kesehatan. Selain itu, dia menyebut, banyak pasien Covid-19 yang datang ke rumah sakit dalam keadaan dengan gejala berat.

"Hal ini menyebabkan pasien menjadi kurang efektif dan menurunkan kemungkinan pasien tersebut untuk sembuh," katanya.

Untuk itu, Wiku mendorong agar pemerintah daerah Papua memasifkan pelacakan kontak, pemeriksaan spesimen, dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Dia juga meminta agar pemerintah daerah Papua menegakkan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Kematian Menurun

Kendati begitu, Wiku mengungkap persentase kasus meninggal di Papua terjadi penurunan. Padahal, pada 4 Oktober kasus kematian corona sempat mengalami peningkatan di angka 1,52 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

"Namun, persentase meninggal dapat ditekan sehingga pada pekan berikutnya menurun kembali menjadi 1,44 persen," ucap Wiku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.