Indonesia Jadi Tuan Rumah GPDRR, Jokowi Minta RI Tunjukan Peran Dalam Pengurangan Risiko Bencana

Oleh Liputan6.comLuqman Rimadi pada 15 Okt 2020, 09:49 WIB
Diperbarui 15 Okt 2020, 09:54 WIB
Jokowi ke NTT
Perbesar
Foto: Presiden Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) pada tahun 2020 di Bali. Presiden Jokowi berharap ajang tersebut dimanfaatkan untuk menunjukan peran Indonesia dalam pengurangan risiko bencana di dunia.

"Pentingnya kita manfaatkan konferensi berskala dunia untuk kepentingan nasional kita sekaligus penegasan peran Indonesia dalam pengurangan resiko bencana di dunia," kata Jokowi dalam rapat terbatas melalui siaran telekonference di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/10/2020).

Tidak hanya itu, Jokowi juga mengingatkan perhelatan yang akan dihadiri lebih 190 negara tersebut juga digunakan untuk promosi.

Salah satunya yaitu mempromosikan pariwisata di Indonesia.

"Kehadiran 190-an negara dapat kita gunakan untuk momentum promosikan pariwisata Indonesia," ungkap Jokowi.

2 dari 3 halaman

Tren Pengurangan Resiko Bencana

GPDRR adalah forum multi-pemangku kepentingan dua tahunan yang dibentuk oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meninjau kemajuan, berbagi pengetahuan dan mendiskusikan perkembangan dan tren terbaru dalam pengurangan risiko bencana (PRB).

Selain itu, kegiatan ini merupakan platform terbesar di dunia untuk penanggulangan bencana dalam upaya meningkatkan PRB di dunia dengan saling bekerjasama dan berkoordinasi satu sama lain.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang ini diperkirakan akan dihadiri oleh perwakilan delegasi 193 negara yang terdiri dari pejabat tinggi pemerintah, lembaga non pemerintah, akademisi, sektor wisata dan media.

Forum internasional ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas dan protokol kesehatan yang mampu mengakomodir adanya penanganan Covid-19.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin 

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓