Sukses

Demonstran Batal ke Istana, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Cempaka Putih

Mereka rencananya akan menggelar unjuk rasa menolak RUU Cipta Kerja di sekitar Istana Negara, Jakarta, namun batal.

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Lalu lintas menyiapkan rekayasa lalu lintas di Simpang Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Lokasi ini menjadi salah satu titik kumpul massa yang tergabung dalam Gerakan Buruh Jakarta (GBJ).

Mereka rencananya akan menggelar unjuk rasa menolak RUU Cipta Kerja di sekitar Istana Negara, Jakarta, namun batal.

"Informasinya, mereka tidak jadi ke istana," ucap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (15/10/2020).

Sehingga rekayasa lalulintas bersifat situasional. "Sifatnya situasional, kalau mereka jadi aksi di situ," kata Sambodo.

Sambodo menerangkan, pemberlakuan pengalihan arus lalulintas dilakukan apabila jumlah massa yang hadir membeludak. Sejauh ini, estimasi massa buruh tidak sampai 1.000 orang.

"Yang longmarch juga mungkin tidak banyak. Jadi nanti kita lihat perlu ditutup apa tidak," ujar dia.

 

Sejumlah berbagai aliansi buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Jakarta bakal menggelar aksi demonstrasi menentang RUU Cipta Kerja hari ini.

Ada lima kawasan yang dilaporkan menjadi titik kumpul massa. Antara lain kawasan industri Pulogadung, kawasan industri KBN Cakung, Flyover Pasar Rebo, kawasan industri KBN Marunda, dan Waduk Pluit.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekayasa Lalulintas

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan oleh Polda Metro Jaya di Simpang Cempaka Putih, Jakarta:

1. Arus lalu lintas dari arah Senen (Jalan Letjen Suprapto) menuju Pulo Gadung (Jalan Perintis Kemerdekaan) dibelokkan ke kiri ke arah Tanjung Priok (Jalan Yos Sudarso).

2. Arus lalu lintas dari arah Cawang (Jalan Ahmad Yani) yang akan menuju Pulo Gadung (Jalan Perintis Kemerdekaan) dinaikkan ke fly over arah Tanjung Priok (Jalan Yos Sudarso).

3. Arus lalu lintas dari arah Tanjung Priok (Jalan Yos Sudarso) yang akan menuju Senen (Jalan Letjen Suprapto) dinaikkan fly over ke arah Cawang (Jalan Ahmad Yani).

4. Arus lalu lintas dari arah Pulo Gadung (Jalan Perintis Kemerdekaan) yang akan menuju Senen (Jalan Letjen Suprapto) dibelokkan ke kanan ke arah Cawang (Jalan Ahamd Yani).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.