Sukses

Rusak Karena Demo Anarkis, Jalur Hijau di Kawasan Patung Kuda Segera Diperbaiki

Mila mengatakan kerusakan jalur hijau itu tidak hanya di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, namun juga di kawasan yang dilintasi oleh peserta aksi yang anarkis.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda mengatakan jalur hijau menjadi lokasi yang paling banyak mengalami kerusakan imbas demo menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di dekat Patung Kuda Arjuna Wiwaha pada Selasa, 13 Oktober 2020.

"Itu yang rusak paling banyak ya jalur hijau, karena kan diinjak-injak. Tapi memang kerusakannya tidak separah yang minggu lalu,” ujar Mila di Jakarta, Rabu (14/10/2020). 

Selain kerusakan jalur hijau, menurut Mila pihaknya harus membersihkan sampah yang volumenya meningkat drastis dari biasanya.

"Sampah-sampah juga kita temukan banyak. Petugas kami bekerja semalaman karena kan begitu pagi sebelum matahari terbit pun sudah harus beres semua," ujar Mila.

Mila mengatakan kerusakan jalur hijau itu tidak hanya di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, namun juga di kawasan yang dilintasi oleh peserta aksi yang anarkis.

"Jalur hijau yang kerusakannya paling banyak berada di Jalan Budi Kemuliaan, terus ada juga di Jalan Wahid Hasyim Tanah Abang, ada juga di Kramat, Cikini, Kebon Sirih, ya jalur-jalur yang dilewati massa aksi kemarin," kata Mila seperti dilansir dari Antara. 

Tanaman yang rusak di jalur-jalur hijau itu dipastikan segera diganti dengan tanaman yang baru hasil penanaman dari metode stek yang dilakukan oleh Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat.

"Tanamannya yang rusak ada banyak varietasnya. Ada bakung, melati, costus, banyak pokoknya variasinya. Kita perbaiki itu semua dari tanaman stek yang ada di lingkungan sekitar," ujar Mila.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puluhan Petugas Dikerahkan

Untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan itu, Mila mengatakan petugas baik dari Dinas dan Suku Dinas di wilayah kota lainnya ikut terlibat dalam proses pembenahan pasca situasi kembali kondusif.

"Kita banyak yang bantu di sekitar Medan Merdeka Barat. Dari Jakarta Pusat kita turunkan 85 petugas, dari Dinas juga turun kok dibantu juga sama Sudin dari wilayah lainnya. Semua membantu grebek Jakarta Pusat biar tertata lagi,"ujar Mila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.