Sukses

Kemendikbud Resmi Buka Kompetisi Sains Nasional 2020

KSN virtual ini diikuti oleh total ratusan perserta yang terbagi di beberapa bidang lomba. Total peserta 9 bidang lomba adalah sebanyak 898 peserta.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi membuka Kompetisi Sains Nasional (KSN) secara virtual, Senin 12 Oktober 2020 kemarin.

Adapun KSN ini diperuntukkan untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) dan akan berakhir pada 17 Oktober 2020. Kemendikbud menyebut, semua kompetisi diadakan secara daring mengingat masih pandemi Covid-19.

"Karena kondisi pandemi belum reda, maka seluruh proses kompetisi sains kita adakan secara daring. Covid-19 mendorong kita melaksanakan kompetisi secara virtual," kata Pelaksana Tugas Kepala Puspresnas Kemendikbud, Asep Sukmayadi dalam keterangan tulis, Selasa (13/10/2020).

Menurut dia,kompetisi sains secara daring, ini tak mudah. Sebab, butuh pengelolaan intens tentang jaringan, aplikasi, dan adaptasi soal.

"Ini tantangan yang besar, bahkan pada tingkat internasional sekalipun belum pernah dilakukan," ungkap Asep.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Peserta

KSN sendiri diikuti oleh total ratusan perserta yang terbagi di beberapa bidang lomba. Total peserta 9 bidang lomba adalah sebanyak 898 peserta.

Asep mengapresiasi para peserta yang tetap berkomitmen mengikuti KSN dengan integritas dan kejujuran dan meminta peserta tetap semangat dan rileks menjalani rangkaian kompetisi.

"Terima kasih untuk semua orangtua dan anak-anak hebat di seluruh Indonesia yang menjaga kejujuran dan integritas. Medali bukan segalanya, karena jujur itu juara," ujar Asep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.