Sukses

Dinkes Sebut Kasus Positif Covid-19 di Kota Bogor Meningkat Signifikan

Dinkes mengingatkan agar seluruh warga Kota Bogor menjalankan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan disiplin.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno mengakui adanya peningkatan cukup signifikan pada warga Kota Bogor yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada Jumat 9 Oktober 2020 yakni bertambah 39 orang

"Peningkatan signifikan kasus positif itu diperoleh dari kontrak erat hasil penelusuran, kasus pendatang, serta kasus mandiri yang melapor," kata Sri Nowo Retno, di Balai Kota Bogor, Jumat seperti dikutip dari Antara.

Menurut Retno, dari kontak erat hasil penelusuran dilakukan tes usap (swab) dan yang hasilnya positif dicatat dalam data harian penanganan Covid-19.

Retno menjelaskan, peningkatan kasus positif di Kota Bogor terutama pada klaster keluarga, pada Jumat mencapai 25 orang. "Klaster keluarga itu jika didalami lagi, beririsan dengan klaster perkantoran dan klaster luar kota," kata dia.

Guna menekan penularan Covid-19 pada klaster keluarga dan klaster perkantoran, Pemerintah Kota Bogor telah menerbitkan Surat Edaran Wali Kota Bogor yang isinya mengatur bahwa pegawai yang bekerja di perkantoran maksimal 50 persen.

"Kami juga terus mengingatkan agar seluruh warga Kota Bogor menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Total 1.511 kasus Covid-19

Berdasarkan data harian penanganan Covid-19 di Kota Bogor, dengan adanya tambahan 39 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada hari ini, seluruhnya menjadi 1.511 kasus.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.015 kasus positif telah dinyatakan sembuh, 55 kasus positif meninggal dunia, serta 441 kasus masih sakit.

Menurut Retno, kasus positif dengan gejala sedang hingga berat dirawat di rumah sakit, sedangkan kasus positif dengan gejala ringan maupun tanpa gejala (OTG) di rawat di tempat isolasi khusus serta menjalani isolasi mandiri.

Pada tempat perawatan isolasi khusus di Gedung PPSDM BNN di Lido, menurut dia, saat ini ada sebanyak 33 pasien OTG dan gejala ringan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.