TNI AL Latihan Bersama dengan Pasukan Jepang di Perairan Natuna Utara

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 07 Okt 2020, 09:35 WIB
Diperbarui 07 Okt 2020, 09:35 WIB
TNI Menangkap Dua Kapal Vietnam di Laut Natuna Utara.
Perbesar
TNI Menangkap Dua Kapal Vietnam di Laut Natuna Utara. (Dokumentasi: TNI AL).

Liputan6.com, Jakarta TNI AL bersama Kapal Perang Pasukan Beladiri Jepang (JMSDF) telah menggelar latihan bersama, berupa Passing Exercise (Passex) di ZEEI Barat daya Pulau Jemaja hingga keluar dari Perairan Natuna Utara, Selasa 6 2020 kemarin.

Dalam latihan tersebut, TNI AL menugaskan unsur gelar operasi BKO Gugus Tempur Laut Koarmada I (Guspurla Koarmada I) yaitu KRI John Lie-358 dan KRI Sutanto-377, sedangkan JMSDF melibatkan unsur JS KAGA (DDH 184) dan JS Ikazuchi (DD 107).

Komandan Guspurla Koarmada I Laksma TNI Dato Rusman mengatakan, beberapa latihan seperti komunikasi menggunakan isyarat bendera, manuver dalam pemindahan logistik, dan banyak lainnya.

"Kami sangat senang bertemu dan latihan bersama dengan JMSDF," kata Dato dalam keterangannya, Rabu (7/10/2020).

Menurut dia, latihan TNI AL bersama JMSDF ini bisa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pasukan.

"Berlatih dengan Angkatan Laut negara sahabat yang professional untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam menjaga stabilitas kawasan," jelas Dato.

 

2 dari 3 halaman

Diplomasi Militer

Secara terpisah Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid mengatakan, meski masih ada pandemi Covid-19, TNI AL dalam hal ini Koarmada I secara aktif melakukan peran diplomasi militer.

"Salah satunya melaksanakan latihan bersama dengan negara-negara sahabat menggunakan metode Passing Exercise untuk mempererat hubungan internasional dan menjaga stabilitas di kawasan," jelas Abdul.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by