Sukses

Jokowi Minta TNI Terus Bersinergi dengan Polri

Jokowi meminta TNI untuk selalu bersinergi dengan semua elemen, termasuk Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyinggung soal karakter pejuang yang dimiliki setiap prajurit TNI. Jokowi juga meminta TNI untuk selalu bersinergi dengan semua elemen, termasuk Polri.

"Kita bersyukur telah tertanam kuat karakter pejuang dalam diri prajurit TNI. Karakter pejuang ini harus terus melekat dan terlembaga dalam pengabdian prajurit TNI di mana pun berada," ujar Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara HUT ke-75 TNI di Istana Negara Jakarta, Senin (5/10/2020).

Dia meyakini dengan karakter pejuang tersebut, para prajurit akan selalu siap menjawab panggilan tugas. Untuk itu, dibutuhkan prajurit TNI yang profesional dan benar-benar terlatih, terdidik serta yang terus menerus meningkatkan kemampuannya.

Namun, kata Jokowi, karakter pejuang yang melekat di prajurit TNI mengharuskan para prajurit untuk saling bersinergi dan bekerja sama. Baik itu antar korps, mantra, antar instansi, serta dengan Polri.

"Sinergi adalah untuk membangun kekuatan pertahanan yang semakin kokoh dan efektif," ucap Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Setia Kawal Pancasila

Di sisi lain, Jokowi juga berterima kasih kepada prajurit TNI yang setia mengawal Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. Kemudian, dengan para prajurit TNI yang bertugas di daerah pedalaman, perbatasan, wilayah terpencil, di pulau-pulau terdepan untuk menjaga kedaulatan Indonesia serta yang berada di luar negeri sebagai pasukan pemelihara perdamaian.

"Saya juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada prajurit TNI yang selalu berada di Garda terdepan dalam misi kemanusiaan," tuturnya.

Menurut dia, prajurit TNI tidak hanya bertugas dala operasi militer perang saja, namun juga operasi militer selain perang. Misalnya, saat membantu penanganan bencana alam di Indonesia.

"Terima kasih kepada TNI yang terlibat aktif dalam penanganan korban bencana alam dan kebakaran hutan," kata dia.

"Dan terima kasih atas peran aktif TNI dalam penanganan dampak pandemi Covid-19 baik dalam mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan maupun dalam perawatan di rumah sakit TNI," sambung Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.