Sukses

Wagub DKI: Kasus Sembuh Covid-19 Meningkat 82 Persen, Kematian Turun 2,2 Persen

Meski begitu, Wagub mengakui bahwa kasus penyebaran virus corona di ibu kota masih tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyatakan, angka kesembuhan akibat virus corona Covid-19 di Ibu Kota meningkat tajam. Sementara kasus kematian menurun.

"Angka kesembuhannya Alhamdulillah meningkat, sudah mencapai 82 persen, kemudian angka kematiannya turun terus sampai 2,2 persen," kata kata Riza di Hotel Ibis Mangga Dua, Minggu (4/10/2020).

Dia menjelaskan, hal tersebut merupakan bukti bahwa pemerintah serius melaksanakan tugas pencegahan penyebaran Covid-19. Kendati begitu, Riza mengakui jumlah penyebaran di Jakarta masih cukup tinggi.

"Itu disebabkan salah satunya itu karena testingnya banyak sekali. Kontribusi testing DKI Jakarta terhadap Indonesia itu sudah hampir 50 persen, jadi inilah cara kami Pemprov melakukan upaya mengurangi dan memutus rantai," ucapnya.

Karena itu, Riza mengimbau agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat melakukan kegiatan, yakni mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Tugas pemerintah itu 3T, testing, tracing, dan treatment dan yang tidak kalah penting juga banyak sekali OTG-nya," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didominasi OTG

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, total pasien positif Covid-19 dengan status tanpa gejala lebih dari 50 persen. Kata dia, jumlah tersebut lebih banyak ketimbang bulan sebelumnya.

"Kasus aktif harian per 1 oktober ini, tanpa gejala sekitar 53 persen. Jadi memang rentan angkanya pernah di posisi 50 persen," kata Widyastuti dalam video Youtube BNPB Indonesia, Kamis (1/10/2020).

Dia juga menyatakan pihaknya sudah bekerjasama dengan sejumlah pihak untuk menyediakan sejumlah tempat isolasi mandiri untuk pasien tanpa gejala ataupun bergejala ringan.

Lanjut Widyastuti Pemprov DKI juga telah menyediakan tiga tempat isolasi mandiri di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Namun, saat ini ketiga lokasi masih diperbaiki untuk fasilitasnya.

"Kita juga sudah ada kerja sama, sinergi pusat dan daerah melalui pembukaan di hotel-hotel. Pemprov DKI Jakarta sendiri sedang berproses menyiapkan 3 wisma untuk bisa menampung orang-orang tanpa gejala," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.