Kelar Direnovasi, BKKBN Resmikan Penggunaan Sanggar Saka Kencana Cibubur

Oleh Liputan6.com pada 02 Okt 2020, 14:20 WIB
Diperbarui 02 Okt 2020, 16:04 WIB
BKKBN meresmikan penggunaan Sanggar Satuan Kerja Keluarga Berencana di Buperta Cibubur. (Foto: Istimewa)
Perbesar
BKKBN meresmikan penggunaan Sanggar Satuan Kerja Keluarga Berencana di Buperta Cibubur. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meresmikan penggunaan Sanggar Satuan Kerja Keluarga Berencana (Saka Kencana) Pasca renovasi di Buperta Cibubur, Jakarta Timur. Kamis (1/10/2020)

Ketua Panitia Renovasi Sanggar Saka Kencana Ryo Utomo Kusumo berterima kasih kepada para donatur dan pihak terkait sehingga renovasi sanggar terwujud. Dia menjelaskan, bahwa desain Joglo sendiri terinsprirasi dari rumah adat Indonesia.

"Desain joglo dari Saka Kencana menganut rumah adat Indonesia yang mengandung nilai-nilai dan adat indonesia dengan filosofi yang tinggi dan melambangkan karakter kepemimpinan," Jelas Ryo.

Dari desain ini, Rio berharap agar anggota Saka Kencana dapat menghantarkan energi-energi positif di sekitar serta menegaskan sifat kepemiminan saka kencana ke depan bersifat terbuka dari kritik, saran dan masukan.

Sementara Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nasional yang diwakili Wakakarna Bina Muda Supriadi manyampaikan, gerakan pramuka nasional menganut dua fislosofi utama sesuai dengan amanat presiden Jokowi, yakni kedisiplinan dan kepedulian nasional.

"Dua gerakan ini patut menjadi perhatian Saka Kencana sehingga dapat mengajak Pramuka untuk memperkuat ketahanan keluarga terutama implementasi di era pandemik Covid-19 saat ini," ujarnya

 

2 dari 3 halaman

Disiplin

Senada, Ketua Wabisaka Kencana Nasional yang juga Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menyampaikan bahwa dua gerakan Pramuka Nasional yakni berkarakter kedisiplinan dan kepedulian nasional merupakan gerakan kepdulian.

"Kalau kita punya karakter yang baik dan kepedulian maka tidak ada lagi kekurangan kemiskinan, kebodohan, ketelantaran. Maka melalui pramukalah kita bisa kerja dengan kepedulian-kepedulian di masyarakat," Ujarnya.

Hasto bilang, tema dalam Saka Kencana yakni Grida-Grida harus dihidupkan. Grida Kependudukan, kesehatan reproduksi, dan Gerida Genre.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓