Sukses

Gerindra Sambut Baik Partai Ummat Bentukan Amien Rais

Dasco menyatakan, negara menjamin semua pihak berserikat dan berkumpul. Oleh karena itu apa yang dilakukan Amien menurutnya dijamin negara.

Liputan6.com, Jakarta Politikus senior yang juga mantan pendiri PAN Amien Rais telah mengumumkan partai baru yang ia bentuk bernama Partai Ummat.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyambut baik. Menurutnya, partai baru menambah iklim demokrasi Indonesia.

"Apa yang dilakukan oleh Pak Amien Rais itu sepanjang kemudian mengikuti aturan yang ada, saya pikir tidak ada masalah membuat partai baru dan mudah-mudahan bisa menambah iklim sehat demokrasi di Indonesia," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (1/10/2020).

Dasco menyatakan, negara menjamin semua pihak berserikat dan berkumpul. Oleh karena itu apa yang dilakukan Amien menurutnya dijamin negara.

"Sejauh ini kan kebebasan berserikat, berkumpul, termasuk membuat partai itu kan dijamin haknya oleh konstitusi kita," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Khawatir

Selain itu, Dasco mengaku tak khawatir hadirnya partai baru Amien Rais dapat mempengaruhi suara Gerindra.

"Saya pikir ya enggak ada masalah sepanjang partai-partai politik sudah punya kursi, bisa menunjukkan program berkomitmen kepada masyarakat, ya kita tetap yakin bisa menjaga konstituen kita," ucapnya.

"Saya pikir ini kan persaingan dalam demokrasi, ya partai baru nanti kan juga akan ada beberapa bukan hanya partai ini," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.