Sukses

Ketiduran, Dalih Petugas Lapas Tangerang Saat Diperiksa Polisi soal Napi Kabur

Polisi mengaku, penyidik masih mendalami semua keterangan petugas Lapas Tangerang yang saat itu berjaga.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai macam dalih disampaikan petugas Lapas Tangerang saat penyidik Polda Metro Jaya mencecarnya dengan pertanyaan seputar kronologi kaburnya napi narkoba Cai Changpan alias Cai Ji Fan. Napi berkewarganegaraan China itu kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang beberapa waktu lalu dengan menggali lubang hingga tembus ke luar penjara.

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, Rabu (30/9/2020).

Yusri mengaku, penyidik masih mendalami semua keterangan petugas Lapas Tangerang yang saat itu berjaga. Ada beberapa yang menurutnya perlu digali lebih dalam. Antara lain keterangan dari petugas yang menjaga pusat rekaman CCTV.

"Petugas yang berjaga di menara pada saat itu ketiduran. Dan juga petugas yang jaga CCTV juga di center di lapas pada saat kita melakukan pemeriksaan juga ketiduran mengakunya. Ini yang masih kita dalami semua," ujar Yusri.

Menurut dia, penyidik mendalami setiap kemungkinan. Termasuk indikasi keterlibatan orang lain yang membantu Cai Changpan dalam melarikan diri dari Lapas Tangerang.

"Apa kemungkinan akan adanya keterkaitan adanya orang-orang yang membantu dia melarikan diri," kata Yusri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Napi Hukum Mati

Sebelumnya, seorang napi kasus narkoba yang telah divonis hukuman mati melarikan diri dari dalam tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang.

Napi yang kabur diketahui bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan itu merupakan warga negara (WN) China. Pelaku merupakan napi yang telah divonis mati pada 2017 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.