Sukses

Melongok Gorong-Gorong yang Dibuat Napi Narkoba Kabur dari Lapas Tangerang

Disebutkan napi narkoba WNA China sudah 8 bulan bekerja mencongkel lobang untuk dijadikan gorong-gorong keluar dari Lapas Klas 1 Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi terus mencari keberadaan Cai Changpan alias Cai Ji Fan, narapidana berkewarganegaraan China yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, Polda Metro Jaya, bersama Polres Tangerang serta Lapas Kelas 1 Tangerang telah membentuk tim khusus untuk mengusut kaburnya Cai Changpan alias Cai Ji Fan.

Yusri menjelaskan, hingga saat ini 14 orang diperiksa sebagai saksi, Salah satu saksi yang dimintai keterangan ialah teman satu selnya.

Yusri tak menyebut indentitas saksi tersebut. Yusri menyampaikan, Cai Changpan telah merencanakan aksinya sejak berapa bulan lalu.

"Salah seorang saksi menyampaikan,yang bersangkutan (Cai Changpan) sudah 8 bulan kerja mencongkel lobang tersebut," kata dia di Polda Metro Jaya, Selasa (29/9/2020).

Yusri mengatakan, Cai Changpan mengali lubang dari sel ke luar Lapas Tangerang dengan panjang sekitar 30 meter. Tim gabungan telah mengecek lubang yang dibuat oleh Cai Changpan.

Yusri membeberkan hasilnya. "Kami mengambil sampel orang untuk masuk ke dalam lubang, kira-kira menghabiskan waktu 20 menit untuk bisa sampai ke luar, karena memang sangat kecil dan dengan panjang 30 meter," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Napi Narkoba WNA China

Diketahui sebelumnya, seorang narapidana (napi) kasus narkoba yang telah divonis hukuman mati melarikan diri dari dalam tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang.

Napi yang kabur diketahui bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan itu merupakan warga negara (WN) China. Pelaku merupakan napi yang telah divonis mati sejak tahun 2017 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.