Surat Nikah dan Cerai Dijual, Penulis Buku Kisah Istimewa Inggit Garnasih Buka Suara

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 26 Sep 2020, 13:47 WIB
Diperbarui 26 Sep 2020, 13:58 WIB
Soekarno
Perbesar
Inggit Garnasih dan Soekarno

Liputan6.com, Jakarta Deni Rachman, penulis buku berjudul Kisah-Kisah Istimewa Inggit Garnasih, buka suara soal viralnya surat nikah dan surat cerai Inggit dan Presiden Soekarno. Menurut Deni, hal itu bukan kali pertama ditemukan dirinya.

"Saya sempat dapat dari daring 2010 dari VOA dan Kompas memberitakan penjualan pelelangan surat nikah dan cerai itu," kata Deni saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (26/9/2020).

Namun, Deni mengaku tidak meneliti hal tersebut ke dalam bukunya. Dia pun tidak mengetahui lebih lanjut terkait apa dan bagaimana hal itu bisa diperjualbelikan, baik saat ini atau pun 10 tahun lalu.

"Saya tidak memasukkan tentang itu karena itu lebih ke artefak oleh anak dan cucu Bu Inggit, dan di buku saya lebih ke pribadinya Bu Inggit," jelas Deni.

Karenanya Deni enggan berkomentar lebih terkait viralnya hal tersebut dalam dua hari ini.

"Apa dan kenapanya saya tak dalam kapasitas berkomentar soal itu, karena saya tak meneliti soal itu terutama ke anak cucu. Jadi saya tak dalam domain itu, tapi minimal saya sudah dapat info," dia menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Cucu Inggit?

Sebelumnya diberitakan, dua dokumen pribadi milik Presiden Soekarno dan Inggit Garnasih menggemparkan jagat maya karena diperjualbelikan. Diketahui, dokumen tersebut adalah surat nikah dan surat cerai antara mereka.

Adalah akun Instagram @popstoreindo pada Kamis, 24 September 2020, mengunggah keduanya. Menurut akun tersebut, kedua surat itu dijual seorang dituliskan sebagai cucu Inggit.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya