Reisa Catat Ada 1.100 Klaster Covid-19, Sebagian dari Keluarga

Oleh Liputan6.com pada 26 Sep 2020, 02:43 WIB
Diperbarui 26 Sep 2020, 02:43 WIB
Reisa Broto Asmoro
Perbesar
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro menyampaikan 7 dari 10 orang yang terpapar dari COVID-19 telah sehat dan produktif kembali saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (18/9/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro menyebut, hingga saat ini tercatat ada 1.100 klaster penyebaran virus corona. Dia mengatakan, sebagian klaster tersebut berasal dari keluarga.

"Dari hasil pelacakan atau tracking oleh Kementerian Kesehatan ditemukan ada lebih dari 1.100 klaster. sebagian adalah klaster keluarga. Artinya penyebaran terjadi karena satu anggota keluarga terpapar virus Covid-19 di luar rumah," kata Reisa, Jumat (25/9/2020).

Reisa membagikan tips untuk melindungi keluarga dirumah dari virus corona. Cara pertama adalah pahami dengan betul cara penularan Covid-19.

"Kedua selalu ikuti protokol kesehatan termasuk protokol kedatangan saat tiba di rumah," kata Reisa.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Pakai Masker

Ketiga, harus mengetahui kondisi kesehatan setiap anggota keluarga di rumah. Termasuk, bila ada yang sakit harus memakai masker dan yang merawat orang sakit juga harus menggunakan masker.

Keempat, pastikan gizi tubuh seimbang dan tidak lupa olahraga rutin bersama keluarga di rumah.

"Yang ke-5 yang tidak kalah penting di tengah banyaknya informasi ciptakan suasana tenang di rumah. Berantas hoax dan jauhi sumber kepanikan," pungkasnya. 

Reporter: M Genantan

Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya