Sukses

Polisi Akan Panggil Liputan6.com terkait Kasus Doxing Jurnalis

Yusri menyatakan secepatnya surat panggilan sebagai saksi kasus [doxing](4363146 "") akan dilayangkan ke pelapor

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro menjadwalkan pemanggilan Liputan6.com terkait laporan doxing atau membeberkan informasi pribadi ke dunia maya dengan maksud buruk, yang menimpa wartawan Liputan6.com.

"Rencana ke depan kita akan memanggil para pelapor bersama saksi-saksi serta barang bukti yang ada," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, Kamis (24/9/2020).

Yusri tak menyebut secara rinci terkait waktunya. Dia menyatakan secepatnya surat panggilan sebagai saksi kasus doxing akan dilayangkan ke pelapor, dalam hal ini Pemimpin Redaksi Liputan6.com.

"Lebih cepat lebih bagus," ujarnya

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kejahatan Digital

Sebelumnya, Pemimpin Liputan6.com didampingi LBH Pers bertandang ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya pada Senin 21 September 2020. Mereka melaporkan sejumlah akun yang melakukan doxing terhadap jurnalisnya.

Langkah tersebut ditempuh usai berdiskusi dengan komisioner Komnas HAM pada 15 September 2020.

Pada pertemuan tersebut, Komnas HAM menyebut, doxing terhadap korban termasuk kejahatan digital yang melanggar hak asasi manusia. Faktanya, serangan yang dilakukan pelaku tak hanya berdampak pada korban, tapi juga keluarganya, khususnya istri dan anak yang masih balita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.