Sukses

PPI Gandeng LIPI Tingkatkan Kualitas Penelitian Pelajar di Luar Negeri

Fauzul yang juga ketua PPI Turki menyatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan LIPI pada Kamis 17 September lalu secara virtual.

Liputan6.com, Jakarta - Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk meningkatkan kualitas penelitian para pelajar Indonesia saat saat ini tengah menempuh pendidikan di luar negeri.

"Ini merupakan salah satu program kerja PPI Dunia 2020-2021 yaitu untuk meningkatkan kualitas penelitian para pelajar di luar negeri," ujar  Ketua Bidang Relasi Media dan Opini Publik PPI Dunia Fauzul Azhim, Sabtu (19/9/2020).

Fauzul yang juga ketua PPI Turki menyatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan LIPI pada Kamis 17 September lalu secara virtual. Hadri dalam acara tersebut,  Koordinator PPI Dunia Choirul Anam dan Kepala LIPI Laksana Tri Handoko.

"Kick-Off meeting melalui zoom bertujuan agar tercapai pemahaman bersama antara PPI Dunia dan LIPI dalam kerja sama dibidang penelitian," katanya.

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko  menyambut antusias acara ini dan menjadi momentum bagi dunia penelitian dengan melibatkan mahasiswa Indonesia di seluruh dunia.

"Bapak Laksana Tri Handoko menyampaikan keterbukaan LIPI untuk berkolaborasi multipihak dalam dan luar negeri baik dari pihak swasta industri, mahasiswa serta dosen untuk melakukan riset terbuka," ujar Fauzul.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penelitian Dunia

Pada kesempatan ini pula, PPI Dunia membuka peluang kerjasama dengan LIPI dalam beberapa output penelitian PPI Dunia yaitu pada program Buku PPI Dunia, Policy Brief PPI Dunia, mentorisasi, pelatihan penulisan populer, dan pelatihan penulisan ilmiah.

PPI Dunia menyampaikan kepada Kepala LIPI tentang program buku PPI Dunia direncanakan akan terbit sekitar 10 buku, berisi kumpulan artikel pemikiran pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di berbagai negara di dunia.

Setiap buku akan membahas satu bidang, seperti ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Program buku PPI Dunia ini memiliki tema

"LIPI mendukung atas program yang akan dicanangkan oleh PPI Dunia ini," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.