Sukses

Ratusan Warga Binaan Rutan Salemba Jalani Tes Covid-19

Rutan Salemba menggandeng Rumah Sakit Pengayoman dan Kantor Wilayah Hukum dan HAM DKI dalam mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Tahana Negara (Rutan) Salemba menggelar rapid test bagi warga binaannya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19 di dalam Rutan.

Plt Kepala Rutan Salemba Arief Gunawan mengatakan, program rapid test ini bekerja sama dengan RS Pengayoman Jakarta untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Kita lakukan rapid test untuk menjaga dan mencegah sekaligus mendeteksi awal apakah ada warga binaan yang terpapar," ujar Arief dalam keterangannya, Jumat (18/9/2020).

Selain bekerja sama dengan Rumah Sakit Pengayoman, Rutan Salemba juga bekerja sama dengan Kantor Wilayah Hukum dan HAM DKI dalam mengantisipasi penyebaran virus corona ini.

“Rumah Sakit Pengayoman menyumbang bantuan tenaga dokternya. Sedangkan alat rapid dari Kantor Wilayah Hukum dan HAM DKI. Karena keterbatasan jumlah tenaga medis di Rutan Salemba. Maka kita meminta juga tenaga dokter dari Rumah Sakit Pengayoman,” kata Arief.

Sekadar informasi, jumlah warga binaan di Rutan Salemba sebanyak 2.987 orang. Jumlah ini melebih kapasitas Rutan Salemba yang mencapai 300 persen. Maka dari jumlah 2.978 warga binaan, Arief mengungkapkan, hanya 350 orang yang menjalani rapid test Covid-19.

“Kita ambil secara random dan punya potensi terpapar,” kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagikan Vitamin

Arief berharap hasil rapid test warga binaan di Rutan Salemba ini adalah non-reaktif sehingga memberikan rasa nyaman kepada warga binaan yang lain.

Selain menggelar rapid test, Rutan Salemba juga melakukan pembagian vitamin kepada warga binaan untuk meningkatkan imun warga binaan yang ada di dalam Rutan Salemba.

“Kita bagikan vitamin supaya warga binaan semua sehat dan imun terjaga,” dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.