Sukses

Kementerian PUPR Siapkan Hunian Bagi Tenaga Medis Covid-19 di RSD Wisma Atlet

Bisma mengatakan, saat ini pihaknya telah mempersiapkan 1.536 unit hunian masing-masing memiliki dua kamar bagi para tenaga kesehatan yang berada di Tower 2 dan 3.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan menunjuk Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa 1 untuk menghadirkan hunian layak bagi  tenaga medis Covid-19 di RSD Wisma Atlet Kemayoran.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa 1 Bisma Staniarto mengatakan, tenaga kesehatan saat ini menjadi benteng pertahanan terakhir dalam perjuangan menangani pasien-pasien terinfeksi Covid-19 yang jumlahnya bertambah banyak.

Bisma mengatakan, penyiapan unit hunian yang layak bagi tenaga medis ini merupakan bagian dari upaya pemerintah meningkatkan perlindungan untuk tenaga kesehatan, tidak hanya dokter, tetapi juga perawat dan tenaga medis lainnya yang terlibat dalam penanganan pasien-pasien yang terinfeksi Covid-19 khususnya yang bertugas di RSD Wisma Atlit Kemayoran.

"Dengan bertempat tinggal tidak jauh dari tempat bertugas, para petugas bisa segera beristirahat setelah lepas tugas, selain itu kebersihan dan kemanan lebih terjaga, dengan memberikan mereka unit hunian, maka dapat memperkecil risiko penyebaran virus covid-19 kepada keluarga/orang terdekat mereka," kata Bisma, Kamis (17/9/2020).

Bisma mengatakan, saat ini pihaknya telah mempersiapkan 1.536 unit hunian masing-masing memiliki dua kamar bagi para tenaga medis yang berada di Tower 2 dan 3. Jumlah unit hunian tersebut masih mengakomodir kebutuhan tempat tinggal bagi para tenaga kesehatan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layak dan Nyaman

Sementara itu, terkait fasilitas yang disediakan pada unit hunian, antara lain tempat tidur, lemari, sofa, dapur, ac, dan water heater.

"Karena mereka sudah jauh dari keluarga, maka setidaknya kami bisa menyediakan fasilitas hunian yang layak dan nyaman, agar mereka bisa lebih fokus dalam menjalankan tugas," kata Bisma.

Fasilitas yang disediakan oleh Kementerian PUPR ini pun sangat diapresiasi oleh tenaga kesehatan. Para tenaga kesehatanh menganggap fasilitas hunian ini seperti rumah kedua mereka karena kenyamanan dan kebersihannya terakomodir dengan baik.

Selain itu, jarak lokasi hunian yang tidak jauh membuat para tenaga medis memiliki waktu yang lebih lama untuk beristirahat sehingga dapat menjalankan tugasnya dalam kondisi prima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.