Sukses

INFOGRAFIS: 5 Kasus Doxing Paling Viral di Dunia

Doxing merupakan pelacakan dan pembongkaran identitas seseorang, kemudian menyebarkannya ke media sosial untuk tujuan negatif.

Jakarta - Istilah doxing belum lama ini kembali mencuat setelah jurnalis Liputan6.com menjadi korban aksi tersebut. Jurnalis memang menjadi profesi yang rentan terkena doxing.

Doxing sendiri berarti mempublikasikan informasi seseorang tanpa persetujuan pemiliknya. Doxing merupakan pelacakan dan pembongkaran identitas seseorang, kemudian menyebarkannya ke media sosial untuk tujuan negatif.

Istilah itu sudah muncul sejak tahun 90-an, saat para peretas komputer gemar mengumpulkan informasi pribadi dari seseorang yang menjadi target peretasannya.

Informasi yang dikumpulkan peretas, terdiri dari beberapa berbagai hal seperti nama, alamat, nomor telepon, anggota keluarga, nomor induk penduduk, atau data-data yang bersifat sangat pribadi.

Setelah itu, informasi yang dikumpulkan dirilis ke ruang publik dengan tujuan menyerang atau mengintimidasi individu yang datanya disebarkan.

Berikut Infografis 5 Kasus Doxing Paling Viral di Dunia:

Saksikan Video Doxing Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.