Sukses

Top 3 News: Alwi Shahab, Tukang Cerita Terbaik Kota Jakarta Telah Berpulang

Top 3 News, Alwi Shahab lahir di Jakarta, 31 Agustus 1936. Ia adalah seorang wartawan yang telah menjalani profesinya selama lebih dari 40 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Top 3 News hari ini, Alwi Shahab, wartawan senior sekaligus sejarawan Betawi telah tutup usia. Dia mengembuskan nafas terakhirnya, Kamis, 17 September kemarin dalam usia 84 tahun di rumah duka, Condet, Jakarta Timur. 

Sosok Alwi Shahab bagi sejarawan JJ Rizal dikenang sebagai tukang cerita terbaik saat bercerita tentang kota Jakarta. Karena ia dapat menyajikan kisah kampung-kampung di Jakarta dengan manusianya, sehingga mampu menuturkan sejarah kota dari suara orang kecil terutama kaum Betawi.

Sosoknya pun disebut sejarawan yang hidup lebih dari tiga zaman. Pria kelahiran Jakarta, 31 Agustus 1936 ini juga dikenang sebagai pelaku sekaligus saksi sejarah Ibu Kota. 

Berita terpopuler lainnya terkait kegiatan belajar anak yang dilakukan secara online telah memakan korban jiwa. Lantaran kesal sang anak sulit menerima pelajaran, seorang ibu di Tangerang menganiaya anak kandungnya sendiri hingga tewas.

Kepada polisi LH (26) mengaku memukul anaknya KS (8) lebih dari lima kali, pada 26 Agustus 2020. Siswa yang masih duduk di kelas 1 SD itu pun tewas. 

Kasus pembunuhan terungkap lewat penemuan pemakaman tak wajar di Desa Cipalabuh, Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak, Banten. KS dikubur di TPU Gunung Keneng dengan masih berpakaian lengkap. 

Sementara itu, manajemen PT Hero Supermarket membenarkan salah satu karyawannya meninggal dunia positif terinfeksi Covid-19. Almarhum menjabat sebagai Regional Manager Giant. 

Menurut Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor, Dedie Rachim, karyawan Giant dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah pasien meninggal dunia.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Kamis, 17 September 2020:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Alwi Shahab Meninggal, JJ Rizal: Kita Kehilangan Tukang Cerita Terbaik Kota Jakarta

Sejarawan Betawi Alwi Shahab meninggal dunia pada hari ini, Kamis (17/9/2020). Wartawan senior itu mengembuskan napas terakhirnya pada pukul 03.00 WIB.

Kepergian Abah Awi-- panggilan Alwi Shahab-- menyisakan duka yang mendalam. Sejarawan JJ Rizal mengungkapkan kehilangan sosok Alwi Shahab yang dinilainya seorang yang terbaik saat bercerita tentang Kota Jakarta.

Menurut dia, Alwi Shahab merupakan sosok sejarawan yang hidup lebih dari tiga zaman. Dalam menuturkan sejarah Jakarta, kata JJ Rizal, Abah Awi menceritakannya dengan sangat apik.

Alwi Shahab lahir di Jakarta, 31 Agustus 1936. Ia adalah seorang wartawan yang telah menjalani profesinya selama lebih dari 40 tahun. Kariernya dimulai tahun 1960 sebagai wartawan, kantor berita Arabian Press Board di Jakarta.

Pensiun dari Antara tahun 1993, ia bergabung dengan HU Republika. Koran yang usianya relatif muda ini, tanpa kesulitan Abah Alwi — begitu ia biasa dipangil oleh rekan-rekan yuniornya — langsung beradaptasi dengan lingkungan baru yang dihuni oleh orang-orang muda.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Belajar Online Menelan Korban Jiwa

Belajar online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemi virus corona Covid-19 memakan korban jiwa. Seorang siswa SD di Kota Tangerang, Banten tewas di tangan ibu kandungnya sendiri.

Pemicunya sungguh mencengangkan. Sang ibu kesal lantaran anaknya sulit menerima pelajaran saat belajar online.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengaku prihatin terhadap kejadian tersebut. Menurut dia, kasus itu menunjukkan bahwa metode pembelajaran jarak jauh banyak memberikan dampak negatif dan membutuhkan penanganan yang lebih serius dari pemangku kepentingan (stakeholder) terkait.

Dia menjelaskan, model pembelajaran jarak jauh memang mempunyai banyak kendala, baik dari rendahnya literasi digital di sebagian besar ekosistem pendidikan nasional, keterbatasan kuota data, belum solidnya metode PJJ, hingga tidak meratanya sinyal internet di Indonesia. 

"Berbagai kendala ini menciptakan tekanan psikologis yang lumayan besar bagi para siswa, guru, dan orangtua siswa," katanya.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Karyawannya Meninggal Terpapar Covid-19 di Bogor, Ini Tanggapan Pihak Giant

Pihak manajemen PT Hero Supermarket membenarkan salah satu karyawannya meninggal dunia positif terinfeksi Covid-19. Karyawan yang menjabat sebagai Regional Manager Giant itu meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit BMC Kota Bogor pada 14 September 2020.

Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk, Diky Risbianto mengatakan, almarhum bukan karyawan yang bersentuhan langsung dengan konsumen.

Yang bersangkutan menjabat sebagai Regional Manager Giant sebagai pengawas operasional di area Bogor dan Depok.

Almarhum hanya berkunjung ke supermarket Giant area Bogor dan Depok jika ada urusan penting dan tidak pernah berhubungan langsung dengan konsumen. Terlebih, sejak pandemi Covid-19 mewabah, aktivitas bekerja dibatasi. Karena itu, konsumen yang pernah berbelanja di Giant tidak perlu khawatir.

"Beliau datang jika ada urusan penting dengan pihak yang diperlukan dan lebih banyak melaksanakan tugas secara online," kata dia.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini