Sukses

Saefullah Positif Covid-19, Anies Tunjuk Sri Haryati Jadi Plh Sekda DKI

Anies menunjuk Sri Haryati jadi Plh Sekda DKI menggantikan Saefullah yang positif Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjuk Asisten Perekonomian dan Keuangan DKI Jakarta, Sri Haryati sebagai pelaksana tugas harian (Plh) Sekertaris Daerah DKI. Hal tersebut berada Surat Perintah Tugas Nomor 340/-082.74. Surat tersebut ditandatangani oleh Anies pada 14 September 2020.

"Sehubungan dengan Sekda DKI Jakarta atas nama Saefullah tidak dapat melaksanakan tugas kedinasan dikarenakan sedang menjalani perawatan di RS dari tanggal 14 September 2020," kata Anies dalam surat tersebut yang dikutip Liputan6.com, Selasa (15/9/2020).

Anies menyatakan, dalam melaksanakan tugas Sekda tersebut Sri Haryati tidak memiliki kewenangan untuk mengambil dan menetapkan keputusan dan atau tindakan yang bersifat strategis. Antara lain penetapan perubahan rencana startegis, rencana kerja pemerintah, dan perubahan status hukum kepegawaian.

"Dikecualikan atas izin Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dapat menjalankan tugas sebagaimana pejabat definitif melaksanakan tugasnya sehari-hari," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Doakan Saefullah

Sementara itu, Anies Baswedan meminta kepada jajarannya di Pemprov DKI Jakarta untuk mendoakan kesembuhan untuk Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah. Saefullah yang terpapar Covid-19.

Dalam pesan yang disampaikan, Anies mengatakan Saefullah saat ini menjalani perawatan insentif di Rumah Sakit (RS). Selain itu, Anies juga meminta kepada jajarannya agar mendoakan pula para pasien yang tengah berjuang melawan Covid-19.

"Lebih khusus lagi, saya mengajak pada semua, pada seluruh jajaran dan keluarga untuk meluangkan waktu; benar-benar luangkan waktu bersama keluarga untuk mendoakan saudara kita, mendoakan Pak Sekda, Bapak Saefullah yang saat ini sedang dalam perawatan intensif melawan COVID-19," kata Anies dalam pesannya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Naufal Firman Yursak.

"Benar, bantu doakan beliau segera pulih ya," kata Naufal saat dikonfirmasi, Selasa (15/9/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.