Sukses

Lebih dari 70 Perawat Meninggal Dunia karena Covid-19

Harif menyebut, perawat dan petugas kesehatan lain merupakan tenaga vital dalam penanganan covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Harif Fadhilah, mengatakan lebih dari 70 perawat meninggal dunia selama pandemi Covid-19 di Indonesia. Mereka meninggal setelah menangani pasien Covid-19.

"Lebih dari 70 perawat telah gugur akibat Covid-19," katanya dalam acara Doa Perawat Untuk Negeri yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Selasa (15/9/2020).   

Meninggalnya lebih dari 70 perawat ini menjadi duka mendalam bagi PPNI. PPNI merasa kehilangan perawat yang memiliki kompetensi tinggi dan berdedikasi terhadap bangsa.

"Kami merasa kehilangan yang luar biasa," ujarnya.

Harif menyebut, perawat dan petugas kesehatan lain merupakan tenaga vital dalam penanganan covid-19. Mereka berjibaku, bahu membahu dalam memutus rantai penularan Covid-19 tanpa mengenal lelah dan waktu.

Bahkan, mereka mempertaruhkan nyawa saat menangani pasien Covid-19.

"Kerja dalam kondisi penuh risiko membahayakan bahkan dapat merenggut jiwanya," kata dia. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

115 Dokter Meninggal Dunia

Sebelumnya, Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Khumaidi menyampaikan, kematian dokter terkait COVID-19 akan berdampak terhadap pelayanan kepada masyarakat.

"Kematian dokter yang saat ini 115 dokter dengan asumsi satu dokter melayani 2.500 orang. Maka, menggambarkan rakyat Indonesia hampir 300.000 orang akan kehilangan pelayanan dari dokter," ujar Adib dalam keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Senin (14/9/2020).

"Begitu juga dengan meninggalnya dokter gigi dan perawat."

Lebih lanjut, Adib mengungkapkan, jumlah dokter di Indonesia terendah kedua di Asia Tenggara, yaitu 0,4 dokter per 1.000 penduduk.

"Artinya, Indonesia hanya memiliki 4 dokter yang melayani 10.000 penduduknya," ungkapnya.

 

Reporter: Titin Supriatin 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.